fbpx
Connect with us

Pendidikan

Gunungkidul Raih Kategori Utama Dalam Ki Hajar Award

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan Utama dalam Ki Hajar Award yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen dalam pengelolaan IT khususnya di bidang pendidikan.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, dalam memperoleh kategori utama, pihaknya telah bersaing dengan 150 kabupaten dan kota se Indonesia. Adapun kategori utama, dikatakan Bahron merupakan kategori yang terbaik dalam pengelolaan IT.

“Alhamdulillah Kabupaten Gunungkidul dalam pengelolaan IT di bidang pendidikan dianggap terbaik jika dibandingkan kabupaten, kota maupun provinsi lain,” ucap Bahron, saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Lebih lanjut Bahron memaparkan, ada empat kriteria yang dinilai dalam Ki Hajar Award. Keempatnya yakni komitmen dan kebijakan kepala daerah, sarana dan prasarana di bidang IT di setiap sekolah, pemanfaatan IT baik untuk media pembelajaran maupun pengelolaan administrasi di sekolah serta dampak dari pengelolaan IT.

“Setidaknya ada 18 kegiatan kami yang sudah berbasis IT di bidang pendidikan misalnya program Gunungkidul Cerdas, aplikasi keuangan sekolah dan sistem pengelolaan keuangan daerah,” imbuh Bahron.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Sumarto mengatakan, saat ini ada tiga sekolah yang dijadikan Quickwin Smartcity Gunungkidul. Keempatnya yakni SDN I Wonosari, SMPN I Karangmojo dan SMAN I Playen.

Berita Lainnya  Sedang Digodog, UNY Akan Bangun Gedung Perkuliahan di Semanu

“Kami juga sudah mendiklat 51 guru dalam pengaplikasian Gunungkidul Cerdas sebagai upaya mengikuti model pembelajaraan 4.0,” bebernya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler