fbpx
Connect with us

Pendidikan

Tak Hanya Perbaikan, SD N Gedangklutuk Yang Rusah Parah Dijanjikan Akan Dibangun Menyeluruh

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Badingah telah melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul terkait dengan kondisi bangunan di SD Negeri Gedangklutuk Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Bupati akan memerintahkan dilakukannya perbaikan di gedung sekolah tersebut.

Badingah mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan kepada Kepala Disdikpora untuk segera menindaklanjuti perbaikan di SD N Gedangklutuk. Langkah ini menurutnya sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih saat ini sedang memasuki musim penghujan.

“Jangan sampai roboh saat ada kegiatan belajar mengajar,” kata Badingah, Jumat (08/11/2019).

Sebab menurut Badingah, sarana pendidikan yang layak merupakan hak dasar bagi seluruh masyarakat, khususnya pelajar. Sehingga ruang sekolah yang aman memang sudah seharusnya dijamin oleh pemerintah.

Berita Lainnya  Proyek Revitalisasi Bendungan Simo, Pertanian Ponjong dan Karangmojo Bakal Makin Moncer

“Harapan saya segera ada upaya perbaikan, lalu direnovasi sebagai bentuk pelayanan anak didik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Gunungkidul, Irfan Ratnadi mengatakan, untuk rehab SD N Gedangklutuk telah diusulkan rehab sejak beberapa waktu lalu. Namun demikian, dikarenakan banyaknya sekolah yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan renovasi maupun pembangunan, perbaikan di SD ini harus ditunda.

Meski demikian, Irfan menjanjikan bahwa nantinya pada tahun 2020 mendatang, SD N Gedangklutuk akan mendapatkan prioritas anggaran perbaikan. Bahkan, tak hanya sekedar di ruangan yang mengalami kerusakan saja, namun perbaikan akan dilakukan secara menyeluruh.

“Tahun 2020 akan dilakukan perbaikan secara menyeluruh di SD N Gedangklutuk, sehingga tidak membahayakan para siswa. Kemarin kita dari BP4D (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah) bersama ke lapangan, hari ini dan seterusnya akan ada tindakan membangun kembali,” terang dia.

Pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa alternatif jika kondisi atap di SD tersebut yang memang mengalami kerusakan cukup parah terus memburuk dan membahayakan para siswa. Salah satunya adalah dengan memindahkan tempat belajar mengajar.

Berita Lainnya  Warga Mampu Terima PKH Bisa Dipidana Penjara dan Denda Puluhan Juta

Sebagaimana diketahui sebelumnya, SD N Gedangklutuk sudah dalam kondisi cukup memperihatinkan. Atapnya nyaris rubuh dan beberapa tiang penyangga berup batang bambu dipasang sejak 9 bulan yang lalu untuk mengantisipasi terjadinya bangunan roboh. Lantaran kerusakan dirasa cukup parah, satu ruang kelas terpaksa dipindahkan ke bekas gudang.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler