fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Angin di Gari, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Rumah Tumin (53) warga Padukuhan Gatak, Desa Gari, Kecamatan Wonosari mengalami kerusakan. Bangunan sederhana tersebut ringsek setelah tertimpa sebatang pohon yang tumbang akibat angin kencang. Di wilayah Gatak pada Jumat (22/11/2019) kemarin memang sempat terjadi angin kencang. Beruntung pada kejadian ini, tak sampai ada korban baik luka maupun jiwa.

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul, Setya Nugraha menjelaskan, insiden ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, di lokasi kejadian memang terjadi hujan. Tiba-tiba, tak berselang lama datang angin kencang. Akibat dari angin kencang itu, sebatang pohon jenis Trembesi yang tumbuh di samping rumah korban roboh.

“Kondisi pohon sendiri memang sudah agak rapuh, sehingga kemudian tumbang,” papar Setya, Sabtu (23/11/2019) pagi tadi.

Menurutnya, pohon yang tumbang tepat di tengah rumah korban ini berdampak pada kerusakan yang terjadi, terutama di bagian atap dan genteng. Puing-puing genteng berserakan di dalam rumah. Beruntung saat itu, tak satupun anggota keluarga yang berada di dalam rumah.

Berita Lainnya  Serangan Hewan Liar Terus Teror Piyaman, Satu Kambing Kembali Ditemukan Terluka

“Tidak sampai ada korban yang mengalami luka. Akan tetapi kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah,” ujar dia.

Menurutnya, sesaat setelah kejadian, warga setempat bersama TRC BPBD Kabupaten Gunungkidul kemudian bekerja mengevakuasi pohon yang menimpa rumah Tumin. Sejumlah pohon lain yang dirasa membahayakan juga turut ditebang agar tidak membahayakan di kemudian hari.

Memasuki musim penghujan ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu mengecek kondisi pepohonan di dekat rumah. Menurutnya, hujan disertai angin kencang memiliki potensi yang cukup tinggi merobohkan pohon.

“Jangan sampai merugi apalagi membahayakan. Memang harus diantisipasi,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler