fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Deras Sebabkan Talud Puluhan Meter Ambrol Timpa Rumah Warga Patuk

Diterbitkan

pada tanggal

Patuk,(pidjar.com)–Hujan deras yang terjadi Rabu (29/01/2020) sore tadi mengakibatkan talud rumah milik Sumarno warga Kerjan, Desa Putat, Kecamatan Patuk mengalami longsor. Parahnya lagi, tanah Sepanjang 20 meter yang longsor tersebut menimpa bangunan rumah Sunarto yang berada tepat di bawah talud sehingga mengakibatkan kerusakan di bagian tembok.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengungkapkan jika peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Di jam tersebut sebagian wilayah Gunungkidul memang tengah diguyur hujan. Lantaran hujan yang turun cukup deras dimungkinkan talud tersebut ambrol dan longsor, di bawah tanah tersebut berdiri rumah milik Sunarto sehingga material tanah menimpa milik keluarga Sunarto.

“Panjangnya 20 meter dan tinggi sekitar 8 meter. Longsor menimpa bangunan dapur milik Pak Sunarto,” kata Edy Basuki.

Adapun kerusakan yang disebabkan longsor tersebut yakni rusak dibagian atap bangunan dapur yang rusak parah. Bahkan material itu juga menggerus tembok dapur sehinga bangunannya ambrol rusak parah. Sejumlah warga dan petugas pun kemudian melakukan penanganan atas kejadian ini.

Meski begitu, perbaikan sendiri masih akan dilakukan esok hari. Mengingat kerja bakti perbaikan membutuhkan waktu, sore tadi penanganan sementsra yakni mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan dan menyingkirkan sebagian material tanah longsor.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sudah rertangani baik petugas dan masyarakat,” tambahnya.

Dari BPBD sendiri terus menghimbau masyarakat untuk lebih waspada saat terjadinya hujan lebat. Selain itu juga mengenai kondisi atau karakteristik lingkungan masing-masing.

“Sementara baru satu kejadian ini. Mudah-mudahan daerah lain aman terkendali,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler