fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ini 56 Desa Yang Akan Pilih Kepala Desa Anyar November Mendatang

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Gunungkidul akan dilaksanakan serentak pada November 2019 mendatang. Sebanyak 56 desa dari 17 kecamatan akan memilih pemimpin baru dalam helatan ini. Saat ini sejumlah desa telah melakukan pembentukan panitia pemilihan kepala desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Muhammad Farkhan mengatakan, saat ini proses pilkades sendiri masih dalam tahapan pembentukan panitia di masing-masing desa. Menurutnya, seluruh desa yang bakal menggelar pilkades tidak mengalami kendala dalam pembentukan tim ini.

Pembentukan panitia Pilkades sendiri dilakukan oleh Kepala Desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa. Setelah panitia terbentuk, kepanitiaan mulai menyusun tata tertib yang mengacu pada Perda dan Perbup yang mengatur tentang penyelenggaraan pilkades. Proses tahapan akan berjalan mulai dari penyusunan daftar pemilih, penjaringan bakal calon, kampanye, hingga proses pemilihan dan penetapan kades terpilih.

“Saat ini proses pembentukan panitia di tingkat desa sudah dilaksanakan. Semua desa sudah membentuk panitia,” ujar Farkhan kepada pidjar.com, Rabu (28/08/2019).

Dalam penyelenggaraan pilkades serentak tahun 2019 akan diikuti 56 desa di 17 kecamatan di Gunungkidul. Desa yang bakal menggelar pilkades yakni untuk di kecamatan Wonosari ada di Desa Wonosari, Kepek, Pulutan, Duwet, Mulo, Karangrejek. Kecamatan Playen ada di Desa Playen dan Banyusoca. Kecamatan Patuk ada di Desa Patuk, Nglegi dan Bunder.

Berita Lainnya  Kembangkan Varietas Bawang Merah Biji TSS, Petani Tanjungsari Sukses Panen Besar

Untuk di Kecamatan Nglipar, yakni di Desa Nglipar, Natah, Pilangrejo, Kedungpoh dan Kedungkeris. Sedangkan Kecamatan Paliyan ada di Desa Sodo, Karangduwet dan Karangasem. Di Kecamatan Tepus ada di Desa Giripanggung, Sumberwungu dan Purwodadi.

“Di Kecamatan Semanu hanya ada di Desa Semanu dan Kecamatan Karangmojo hanya di Desa Wiladeg. Untuk di Kecamatan Ponjong Pilkades akan digelar di Desa Umbulrejo, Tambakromo, Genjahan dan Gombang,” terang Farkhan.

Kemudian untuk Kecamatan Rongkop ada di Desa Pringombo, Petir, Pucanganom dan Melikan. Untuk di Kecamatan Semin, ada di Desa Candirejo, Rejosari, Pundungsari dan Semin.

Untuk di Kecamatan Ngawen, dua desa yakni Beji dan Sambirejo juga akan melaksanakan pilkades. Kemudian di Kecamatan Gedangsari ada Desa Hargomulyo, Serut, Tegalrejo dan Ngalang.

“Di Kecamatan Girisubo ada Desa Balong, Jepitu, Tileng, Pucung, dan Songbanyu. Untuk Tanjungsari ada di Desa Kemadang, Banjarejo dan Ngestirejo. Sedangkan di Kecamatan Purwosari ada di Desa Giripurwo, Giriasih, dan Giritirto,” urainya.

Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sujoko berharap penyelenggaraan pilkades serentak November mendatang ini berjalan lancar. Menurutnya, setiap desa yang akan menggelar pilkades telah melakukan pembentukan panitia.

Berita Lainnya  Belum Miliki Ruang Promosi, Puluhan Industri Kecil Menegah Gunungkidul Ikuti Pameran di Pasar Argosari

“Saat ini sudah mulai persiapan, harapan kami lancar semuanya,” kata Sudjoko.

Ia menambahkan, Pemkab Gunungkidul telah menyediakan pagu anggaran. Selain itu, untuk pilkades saat ini akan menggunakan kotak suara alumunium yang dulunya digunakan untuk pemilu.

“Kita mendapatkan hibah kotak suara dari KPU Gunungkidul, kotak suara itu akan kami gunakan dalam pilkades serentak,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang panitia Pilkades Desa Kemadang Suminto mengatakan saat ini panitia Pilkades Kemadang telah dibentuk dan sudah ditetapkan oleh BPD Kemadang. Apa yang dilakukan tersebut telah sesuai dengan Perbup no 40 tahun 2019.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini Kades masih aktif menjabat sebagai kepala desa. Nantinya setelah masa jabatan berakhir kursi yang ditinggalkan akan di isi oleh PJ.

“Belum (masih aktif), PJ akan dilaksanakan sesuai tahapan setelah permohonan cuti dari kades sesuai kades masa jabatan berakhir. Nanti calon kades baru bisa mendaftar pada masa pendaftaran pada 23 sampai 29 september 2019,” pungkas dia.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler