fbpx
Connect with us

Uncategorized

Jaga Kualitas Air, Dinas Himbau Masyarakat Tidak Buang Sampah di Sungai

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat serta mengurangi tindakan membuang sampah di sungai. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas air di kabupaten Gunungkidul agar tetap layak konsumsi dan tidak mengalami pencemaran maupun penurunan kualitasnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Aris Suryanto menerangkan perilaku buang sampah sembarangan contohnya di sungai masih saja ditemukan oleh petugas. Hal ini bisa saja berpengaruh terhadap kualitas air sungai. Untuk itu pihaknya mendorong masyarakat agar tidak lagi melakukan perilaku tersebut.

“Masyarakat memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas air, misalnya menjaga kebersihan sungai dan penerapan pola hidup sehat,” kata Aris Suryanto.

Pihaknya terus mensosialisasikan hal tersebut. Disisi lain, perusahaan maupun wisatawan juga memiliki peran yang sama. Selain sosialisasi, dinas juga secara rutin melakukan pengecekan kualitas air di beberapa sungai maupun sumber air baku. Pengecekan ini dimaksudkan untuk mengetahui, apakah air di lokasi tersebut terkontaminasi limbah berbahaya atau tidak.

“Pengecekan rutin dilakukan oleh petugas DLH. Sejauh ini hasilnya masih baik, semua layak digunakan,” sambung Aris.

Menurutnya belum ada sumber air yang tidak layak digunakan karena pencemaran. Kualitasnya pun juga masih stabil. Kendati begitu, langkah-langkah antisipasi sangat perlu dilakukan.

“Semua harus memiliki kesadaran dalam menjaga kualitas air saat ini,” jelasnya.

Selain melakukan uji kualitas air, dinas juga rutin melakukan pengecekan kualitas udara di kabupaten Gunungkidul. Pasalnya berkembangnya daerah mau tidak mau banyak kendaraan lokal maupun luar daerah yang berlalu lalang di Gunungkidul.

Biasanya selain uji emisi kendaraan, beberapa lokasi seperti kawasan industri, tambang, dan pusat kota juga menjadi titik pengujian udara.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler