fbpx
Connect with us

Peristiwa

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan di Gunungkidul Terapkan Sistem Buka Tutup

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Sudah dipastikan, perayaan tahun ini jauh lebih ketat dari pada tahun sebelumnya. Bahkan, untuk pembelian hewan kurban di pasar hewan pun dibatasi.

Wakapolres Gunungkidul, Kompol Widya Mustikanjngrum menerangkan, dua pasar hewan di Gunungkidul dipastikan akan mengalami peningkatan pengunjung. Mengingat hari raya sudah semakin dekat.

Kami pastikan akan tetap melakukan penyekatan untuk membatasi jumlah pengunjung di Pasar Hewan Siyonoharjo dan Semanu, kegiatan pasaran hewan maksimal 50% dari kapasitas pasar,” ujarnya, Minggu (11/07/2021).

Widya menambahkan, untuk teknisnya petugas penegak hukum dan petugas pasar akan melakukan buka tutup. Jika nanti pasar sudah dinilai berisi 50% dari kapasitas, maka akan ditutup.

Kami akan selalu standby di lokasi pasar, agar tidak ada kerumunan,” jelas Widya.

Widya mengatakan, jumlah pengunjung yang datang pun dipastikan dinamis. Sehingga nanti jika kapasitas berkurang maka pasar akan kembali dibuka.

Sorenya setelah hari pasaran jual beli hewan Dinas Kesehatan juga akan melakukan penyemprotan di kawasan pasar,” kata Widya.

Sedangkan untuk para penjual ataupun pembeli hewan kurban dari luar Gunungkidul diminta untuk menunjukkan surat bebas covid19 yang dibuktikan dengan rapid antigen. Upaya pendisiplinan ini tentu untuk memutus penyebaran mata rantai covid19 di Gunungkidul.

Termasuk nanti untuk para pedagang makanan di pasar, tidak boleh melayani pembelian makan di tempat,” tandas Widya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler