fbpx
Connect with us

Peristiwa

Klaster Baru Muncul, Puluhan Santri PP Al-Mumtaz Positif Covid19

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Hari Sabtu (10/07/2021) kemarin, jumlah penambahan warga Gunungkidul yang terpapar covid19 cukup tinggi yaitu sebanyak 303 kasus. Salah satu penyumbangnya ialah munculnya klaster baru di Kapanewon Patuk.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty membenarkan adanya klaster baru tersebut. Klaster baru tersebut berada di Pondok Pesantren Al-Mumtaz, Kapanewon Patuk. Setidaknya terdapat 27 santri yang terpapar covid19.

Ada 27 santri yang dinyatakan positif covid19, saat ini semuanya sudah dikarantina di asrama tersendiri,” terang Dewi.

Mengetahui adanya klaster baru, para petugas Dinas Kesehatan segera melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan santri yang positif covid19. Hingga saat ini Dinas Kesehatan masih menunggu hasil pengembangan tracing, sembari menunggu hasilnya para santri diminta untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ahmad salah satu pengurus Pondok Pesantren Al-Mumtaz mengakui adanya 27 santri yang dinyatakan positif. Perihal riwayat awal mula penularan hingga saat ini masih dicari tahu oleh pihak PP Al-Mumtaz. Aktifitas santri saat ini di PP Al-mumtaz pun telah diliburkan lantaran terjadinya klaster baru di tempat tersebut. Selain itu juga para santri saat inu sedang menjalani isolasi mandiri di asrama secara ketat.

Informasi tertularnya dari mana masih dicari. PP Al-Muntaz sudah menerapkan pengawasan yang ketat, tapi masih ada beberapa santri yang tak mematuhinya,” ucap Ahmad.

Ahmad mengungkapkan, bantuan yang datang baru berupa masker, namun pihaknya belum menerima bantuan logistik bagi para santri yang sedang menjalani isolasi mandiri. Saat ini pihak pesantren tengah mencukupi secara mandiri kebutuhan santri selama menjalani isolasi.

Hari Rabu kemungkinan isolasi mandiri sudah selesai. Untuk kembalinya aktifitas pembelajaran akan dimusyawarahkan lagi,” kata Ahmad.

Dengan bertambahnya 303 pasien covid19 yang baru, kini jumlah warga Gunungkidul yang terpapar covid19 mencapai 9.441 orang. Jumlah kesembuhan terhadap pasien covid19 di Gunungkidul mencapai 5.693 orang, sedangkan secara keseluruhan 387 orang meninggal dunia akibat covid19. Adapun pasien covid19 yang saat ini dirawat di Rumah Sakit maupun yang sedang menjalani isolasi mandiri mencapai 3.431 orang.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler