fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kades Terpilih Bakal Dapat Kado Manis Tepat di Akhir Tahun

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Persiapan pelantikan kepala desa terpilih mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Setelah secara keseluruhan 56 desa penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak melaporkan hasil perhitungan pemilihan, dari pemerintah kemudian menindaklanjuti dengan diserahkannya dokumen ke bupati untuk membuat surat keputusan pengangkatan Kepala Desa terpilih.

Kepala Seksi Bina Administrasi dan Perangkat Desa, Bidang Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD), Kriswantoro mengatakan proses pelaporan dari panitia ke pemerintah kabupaten telah dilakukan. Sudah 56 desa penyelenggara Pilkades yang melaporkan hasil penghitungan suara kepada pihaknya. Sejumlah persiapan menjelang pelantikan pun juga mulai dilakukan.

“Tanggal 31 Desember 2019 pelantikannya. Sudah dijadwalkan,” ucap Kriswantoro, Rabu (18/12/2019).

Saat ini SK Bupati mengenai pengangkatan Kepala Desa terpilih sedang dalam proses. Koordinasi dengan sejumlah OPD terkait pun juga dilakukan oleh pihaknya.

Berita Lainnya  Ratusan Perempuan Terinveksi IVA, 6 Dinyatakan Positif Kanker Serviks

“Pada intinya kami memfasilitasi proses pilkades sampai dengan resmi dilantik. Beberapa waktu lalu juga sudah ada pembekalan yang dilakukan,” tambahnya.

Disinggung mengenai evaluasi terselenggaranya Pilkades serentak 2019 ini, menurut Kriswantoro, dari pemerintah masih belum ada. Pasalnya jika berkaca di lapangan, hampir secara keseluruhan berjalan baik tidak ada gesekan dari masyarakat pendukung, calon kepala desa ataupun lainnya. Mengenai mekanisme jalannya pilkades pun juga tergolong aman.

“Masih belum ada temuan. Tentu nantinya akan kami upayakan jauh lebih baik lagi,”imbuh dia.

Sementara itu, Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sudjoko menambahkan jika pihaknya mengapresiasi jalannya pemilihan kepala desa 2019 kemarin. Secara keseluruhan pemilihan kemarin berjalan baik, lancar dan kondusif. Nantinya tentu dalam demokrasi ini akan ditingkatkan kembali dengan seiring berkembangnya daerah.

Berita Lainnya  Formasi CPNS Sudah Ditangan Bupati, Pemkab Tunggu Juknis dari Kementerian

“Tentu kami mengapresiasi jalannya demokrasi kemarin. Semoga yang terpilih dan terlantik benar-benar dapat mengemban tugas mereka dengan baik. Untuk pelantikan sendiri sudah terjadwal,” ujar Sudjoko.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler