fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kebakaran Kandang, 2 Ekor Sapi Nyaris Terpanggang

Diterbitkan

pada tanggal

Playen,(pidjar.com)–Kasus kebakaran kandang ternak lagi-lagi terjadi di Gunungkidul. Dua kandang milik Sukino (57) warga Dusun Gading IX, Kalurahan Gading, Kapanewon Playen luluh lantak dilalap si jago merah pada Jumat (26/06/2020) malam. Akibatnya, Sukino harus merugi hingga jutaan rupiah.

Kepala regu Pemadam Kebakaran BPBD Gunungkidul, Raharja mengatakan, kejadian ini bermula saat Sukino tengah menghangatkan ternaknya dengan cara membuat perapian di samping kandang. Saat api mulai menyala, ia kemudian pergi meninggalkan kandang untuk pergi berobat ke rumah sakit. Dalam kondisi sepi itu, tanpa diduga, bara api justru merembet. Api membesar manakala menyambar tandon pakan kering yang diletakkan di samping kandang.

“Tetangga korban yang Suyati melihat kobaran api lantas berteriak memanggil Sukino,” jelas Raharja, Sabtu (27/06/2020) siang.

Mendengar adanya kabar terjadinya kebakaran, satu per satu warga pun berdatangan. Sejumlah warga kemudian berusaha untuk memadamkan api meski dengan peralatan seadanya. Sebagian lagi berusaha mengevakuasi dua ekor sapi yang berada di dalam kandang. Beruntung kemudian, upaya evakuasi warga terhadap sapi puluhan juta tersebut berhasil.

“Berselang beberapa waktu kemudian, kami yang mendapatkan laporan mengirimkan armada berikut petugas untuk melakukan pemadaman,” kata dia.

Kendati ternak tidak turut menjadi korban, namun dua kandang Sukino hangus terbakar. Atas kejadian ini, Sukino mengalami kerugian hingga Rp 7 juta rupiah.

“Ini murni kelalaian, api membesar begitu ditinggal pemiliknya,” imbuh Raharja.

Atas kejadian ini Raharja mengimbau peternak untuk selalu waspada. Terlebih saat ini telah masuk musim kemarau yang mana angin bertiup cukup kencang dan kondisi lingkungan yang kering.

“Tentu saja jangan sampai meninggalkan api, atau bara api saat bepergian, ini bahaya,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler