fbpx
Connect with us

Peristiwa

Rapid Test di Lingkup Dinas Lingkungan Hidup, 10 Tenaga Kebersihan Reaktif Corona Dibawa ke Wisma Wanagama

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Rabu (24/06) lalu, Dinas Kesehatan melakukan rapid test kepada 70 tenaga kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul. Tindakan rapid test ini sebagai upaya pemerintah untuk mengetahui kondisi para pekerja lantaran mereka merupakan orang yang cukup rentan terpapar covid 19.

Dari rapid test yang dilakukan, terdapat 10 tenaga kebersihan dan pengambil sampah yang hasilnya menunjukkan reaktif covid 19. Mereka berasal dari berbagai Kapanewon di Gunungkidul. Untuk mengantisiapasi hal-hal yang tidak diinginkan, kemudian mereka dievakuasi untuk mengikuti karantina di Wisma Wanagama.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, setelah hasil rapid keluar para tenaga kebersiahan dan pengambil sampah ini diminta mengikuti karantina di Wisma Wanagama. Pemantauan dan pengecekan kesehatan terus dilakukan secara berkala. Selanjutnya akan diambil swab untuk mengetahui apakah yang bersangkutan positif covid 19 atau negatif.

Berita Lainnya  Siang Bolong, Gerobak Sampah Ruang Jenazah RSUD Wonosari Jalan Sendiri?

“Sejak hasilnya keluar mereka langsung menjalani karantina di Wisma Wanagama,” kata Dewi Irawaty, Minggu (28/06/2020).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingukungan Hidup Gunungkidul, Aris Suryanto mengatakan, meski ada beberapa petugas kebersihan dan pengambil sampah yang dinyatakan reaktif, akan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi tanggungjawab unit kebersihan dan pengambilan sampah.

“Pembersihan dan pengambilan sampah tetap berjalan dengan pola sift yang baru,” ucap dia.

Untuk memaksimalkan pembersihan jalan dan tempat umum, serta pengambilan sampah saat ini melibatkan petugas lain di luar petugas persampahan dan kebersihan. Dari DLH mengambil petugas pertamanan dan pengelola TPA untuk sementara waktu menggantikan posisi pekerja yang sedang dikarantina.

“Kita juga berikan APD untuk melindungi petugas kebersihan. Sementara mereka yang sedang dikarantina tetap dipantau dan diberi semangat agar fokus pada kesehatan mereka terlebih dahulu,” tutupnya.

 

Berita Lainnya  Razia Tempat Hiburan Malam, Polisi Amankan Puluhan Botol Miras

 

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler