fbpx
Connect with us

Peristiwa

Sempat Tertangkap Warga, Maling Uang Kotak Infaq Masjid Pilih Kabur Tinggalkan Motor

Diterbitkan

pada tanggal

Semanu,(pidjar.com)–Tindak kriminalitas belakangan ini kembali marak terjadi. Senin (24/08/2020) siang kemarin, Masjid As Shobirin, Padukuhan Wediutah, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu disatroni pencuri kotak infaq. Pelaku pencurian sendiri semula sempat tertangkap oleh warga yang melakukan pengejaran, akan tetapi kemudian pelaku justru dapat melarikan diri.

Kanit Reskrim Polsek Semanu, Ipda Mahmet Ali Bahonar, SH mengungkapkan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Di jam tersebut Nanik Purwanti (35) warga setempat hendak beribadah di masjid. Saat itu, dirinya melihat seorang laki-laki tidak dikenal mencongkel kotak infaq, kemudian uang yang ada didalamnya diambil dan dimasukkan kedalam tas pinggang yang dibawa oleh laki-laki itu.

Setelah mengambil uang dalam kotak infaq itu, laki-laki tidak dikenal kemudian keluar masjid melalui pintu sebelah utara dan menuju sepeda motor jenis Honda Revo nopol AB 6620 LD yang berada di barat masjid. Nanik yang melihat kejadian itu kemudian melaporkan kejadian itu ke Diarto (32) pamong Kalurahan.

“Setelah mendapat laporan dan mengantongi ciri-ciri pelaku, Diarto dan Rudi Salam (warga) melajutkan pengejaran terhadap pelaku,” kata Ipda Mahmet Ali Bahonar saat dikonfirmasi.

Pengejaran saat itu terjadi beberapa agak jauh dari lokasi kejadian. Sampai pada akhirnya pamong dan warga berhasil menemukan pelaku di sekitar Klinik Al Mubarok, Padukuhan Ngaglik. Pelaku sempat berhasil dihentikan oleh warga, namun justru kemudian ia membuang uang hasil curiannya. Ia juga melarikan diri dari kejaran warga, bahkan sepeda motor yang menjadi sarana pelaku di tinggal di lokasi dimana ia dihentikan warga.

“Warga setempat kemudian lapor ke Polsek Semanu untuk ditindak lanjuti. Untuk barang bukti berupa sepeda motor juga kamj amankan di Polsek Semanu,” tambahnya.

Adapun uang yang berhasil dicuri oleh pelaku sebesar Rp 268.000. Saat ini petugas sedang mendalami keterangan dari sejumlah saksi yang mengetahui kejadian itu.

Kemudian petugas juga mengorek infromasi dari berbagai sumber untuk mengungkap adanya pencurian kotak infaq itu.

“Masih didalami oleh unit reskrim. Keterangan dari sejumlah saksi dan informasi lain yang didapat menjadi bahan penyelidikan anggota,” sambung Kapolsek Semanu, AKP Ahmad Fauzi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler