fbpx
Connect with us

Budaya

Kemendikbudristek Rayakan Narasi Babad Jawa dengan Festival Panji ASEAN 2023

Diterbitkan

pada

Panji ASEAN Festival 2023 (risbika)
BDG

Jogja,(pidjar.com)–Seiring zaman, cerita Panji merupakan karya sastra dan budaya Indonesia yang berkembang pada abad ke-14 Masehi. ASEAN Panji Festival 2023 digelar di sejumlah provinsi di negara Indonesia. Salah satu pagelarannya dihelat di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada Jumat (13/10/2023).

Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengatakan pihaknya merayakan narasi yang sebenarnya tersebar di seluruh wilayah Asia. Cerita yang berkisah mengenai Kerajaan Kadiri ini adalah kisah asli Jawa Timur dan berkembang pesat pada masa Majapahit. Cerita Panji memiliki banyak versi dan tersebar hingga ke wilayah Asia Tenggara. Selain Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatra, kisah Panji juga menyebar hingga ke Thailand, Kamboja, Laos, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Myanmar.

Berita Lainnya  Khawatir Akulturasi Kebudayaan Bagi Generasi Muda, Begini Langkah Dinas

“Seperti yang kita tahu bahwa cerita panji berasal dari Jawa pada 700 atau 800 tahun yang lalu. Dan ini mungkin karena tema universalnya adalah cinta, petualangan, dan juga, tentu saja, identitas,”tutur Hilmar.

Panji ASEAN Festival 2023 (risbika)

Panji ASEAN Festival 2023 (risbika)

Event tersebut kaya akan ekspresi tradisional mengenai detail menyenangkan melalui tari, teater, dan seni visual, penonton juga diharapkan menyadari sifat penceritaan yang terus berkembang. Akan sangat baik menyatukan berbagai pengetahuan tentang ekspresi, pengalaman, dan mengikatnya bersama-sama untuk membangun permadani baru dalam bercerita di kawasan Asia Tenggara.

Cerita Panji (Inao) menceritakan petualangan Pangeran Panji Inu Kertapati (Inao) dan sang pujaan hati, Dewi Sekartaji (Putri Candra Kirana). Keduanya dipisahkan dan harus melampaui berbagai rintangan untuk bersatu kembali. Kisah umum ini diceritakan kembali berkali-kali dengan berbagai latar, karakter, dan nama. Kisah diwarnai dengan berbagai kejadian supernatural dan juga metamorfosis, penyamaran, hingga peralihan gender.

Berita Lainnya  Bedog Art Festival #13 Berlangsung Magis

“Mari kita terinspirasi oleh kreativitas dan inovasi yang dihasilkan oleh kisah-kisah Panji selama berabad-abad dan lintas batas negara, dan marilah kita bersama-sama menulis bab berikutnya dalam kisah merah Panji, yang mencerminkan zaman dan aspirasi kita,”tandas Hilmar.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler