fbpx
Connect with us

Budaya

Kundha Kabudayan DIY Dukung ASEAN Panji Festival 2023 bersama Museum Sonobudoyo

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)– Cerita Panji seringkali dianggap sebagai salah satu karya sastra terpenting dalam budaya Jawa. Salah satu elemen kisah yang khas adalah pencarian Panji untuk menyatukan kembali dengan kekasihnya yang terpisah atau hilang, yang sering kali disebut “Candra Kirana” atau “Dewi Sekartaji”.

Di Yogyakarta, ASEAN Panji Festival ini telah digelar mulai 2 tanggal 7Oktober sampai dengan 13 Oktober 2023. Acara dimulai dengan Welcome Dinner pada tanggal 7 Oktober 2023 di Museum Sonobudoyo dilanjutkan dengan rangkaian acara lainnya yang ditutup dengan pertunjukan kolaborasi antara 9 Negara ASEAN lainnya di Gedung LAB ISI Yogyakarta pada 13 Oktober 2023.

Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Festival Panji Internasional. Festival Panji Internasional ini dilaksanakan pada 07-29 Oktober 2023 di lima kota di Indonesia, yakni: Yogyakarta, Solo, Kediri, Malang, dan Surabaya.

Berita Lainnya  Hendak Memberi Makan, Kambing Sukin Hilang

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, mengatakan jika Tujuan utama dari kegiatan ini adalah tak lain untuk mempromosikan warisan budaya Panji (Inao) yang dimiliki bersam aoleh negara anggota ASEAN. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya dan pengetahuan bersama antar negara ASEAN.
“Kami ingin menyatukan berbagai pengetahuan tentang ekspresi, pengalaman, dan mengikatnya bersama-sama untuk membangun permadani baru dalam bercerita Panji di kawasan Asia Tenggara,”tutur Hilmar di Gedung LAB ISI Yogyakarta (13/10/23).

Panji ASEAN Festival 2023 (risbika

Panji ASEAN Festival 2023 (risbika)

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta, Dian Lakshmi Pratiwi, SS. M.A menyampaikan “Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta sangat mendukung kegiatan ASEAN Panji Festival ini.

Berita Lainnya  Menyambangi Obyek Wisata Watu Giring, Tebing Brexinya Gunungkidul

“Hal ini tercermin dari diadakannya pementasan kesenian secara teratur di Museum Sonobudoyo mulai dari pertunjukan wayang kulit yang dilaksanakan setiap hari Selasa, Pertunjukan Wayang Orang setiap hari Rabu dan Kamis, dan Pertunjukan Wayang Topeng Panji setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu”, tutur Dian.

Cerita Panji tidak hanya berpengaruh di Jawa, tetapi juga di beberapa negara tetangga seperti Bali, Malaysia, dan Thailand. Selain itu, cerita ini juga memiliki pengaruh dalam seni dan budaya Indonesia secara lebih luas. Oleh karena itu, Cerita Panji ini telah ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Memory of the World (MoW) atau “Ingatan Dunia” dalam situs resmi Memory of the World-UNESCO tertanggal 31 Oktober 2017.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Tidur Cukup Untuk Kecantikan

Festival tersebut menampilkan pergelaran lakon cerita Panji Semirang dengan mengusung tema Kisah Panji/Inao: Merajut Keberagaman Budaya di Asia Tenggara yang dibagi ke dalam beberapa bagian untuk dikolaborasikan oleh 10 Negara ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler