fbpx
Connect with us

Budaya

Kemeriahan Rangkaian Rasul Kepek dan Komitmen Masyarakat Menjaga Budaya

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Budaya dan tradisi di Kabupaten Gunungkidul masih dilestarikan oleh masyarakat, salah satunya adalah rasulan. Sejak beberapa bulan kemarin sejumlah dusun hingga desa mengadakan acara rasulan sebagai wujud syukur masyarakat atas pencapaian tahun ini. Seperti halnya dengan Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari yang juga menggelar acara rasul bebarengan dengan kegiatan ini juga diresmikan papan penanda Keistimewaan Yogyakarta.

Lurah Kepek, Bambang Setiawan mengatakan, usai 2 tahun tidak diadakan kegiatan tradisi dan budaya karena pandemi tahun ini kondisi yang berangsur pulih dan pelonggaran kebijakan dimanfaatkan untuk mengadakan rasulan seperti biasanya. Bahkan rasul Kepek Raya tahun 2022 ini tergolong besar-besaran dengan tema “Kepek Gumregah Memetri Budaya Agung”.

Berita Lainnya  Rasulan Sederhana di Tengah Pandemi

Tema tersebut memiliki makna bahwa warga Kepek tidak tertidur. Akan terus bergerak terlebih berkaitan dengan budaya dan perekonomian masyarakat. Selain itu membangun berbagai aspek sosial ekomoni dan kerakyatan untuk menjadi desa yang lebih maju baik ekonomi masyarakat, pengetahuan, dan potensinya.

“Rangkaian acara digelar 1 bulan penuh. Sejak tanggal 2 Agustus kemarin sudah mulai dilakukan mulai dari kegiatan olahraga dan lain sebagainya,” kata Bambang.

“Puncak acaranya besok, kami adakan Wayang Kulit gagrak Yogya jangkep. Lakon dibawakan tidak terputus limbukan atau selingan hiburan oleh bintang tamu. Harapan besar kami kedepannya, Kepek menjadi Desa Mandiri Budaya upaya untuk menuju status itu terus kami lakulan,” jelasnya.

Berita Lainnya  Menelisik Rumah Persinggahan Jendral Sudirman di Paliyan Saat Perang Gerilya

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan peresmian papan penanda keistimewaan yang dibangun dengan alokasi Dana Keistimewaan (Danais) senilai Rp63 juta.

“Keperdulian, gotong royong masyarakat Kepek itu luar biasa. Program-program kami serahkan ke masyarakat dan alhamdulillah jadi tanpa ada kurang apapun,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler