fbpx
Connect with us

Sosial

Libatkan Siswa Kelola Langsung Koperasi Sekolah, SMK N 1 Nglipar Juarai Lomba Koperasi Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Nglipar, (pidjar.com)–Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nglipar berhasil menyabet juara satu dalam lomba tangkas terampil koperasi. Lomba ini sendiri diselenggarakan dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi yang ke-73 Kabupaten Gunungkidul.

“Kami berhasil menjadi juara 1 dari 6 sekolah yang mengikuti lomba,” kata Humas SMK N 1 Nglipar, Nuriyah Subandini kepada pidjar.com, Sabtu (26/07/2019) siang.

Lebih lanjut Nuriyah mengatakan adapun materi yang dilombakan ialah undang-undang koperasi, peraturan mengenai koperasi simpan pinjam, koperasi syariah kemudian materi terupdate kaitannya dengan koperasi. Anak didiknya berhasil meraih juara satu mengalahkan SMK Muhammadiyah 1 Wonosari dan SMK Muhammadiyah Ponjong.

“Lomba ini dikhususkan untuk sekolah yang sama sekali belum pernah mengikuti perlombaan serupa,” imbuh Nur.

Menurut Nuriyah, prestasi bagus dari para siswanya ini memang buah dari pembinaan serius yang dilakukan oleh pihak sekolah. Selama ini setiap harinya, koperasi siswa yang ada di SMK N 1 Nglipar diurus langsung oleh para siswa. Sehingga dengan hal ini, para siswa tak hanya belajar teori saja melainkan juga praktek langsung dalam mengelola koperasi. Ke depannya, ia berharap para siswa yang mengurus koperasi akan semakin cakap dan mahir mengenai bidang wirausaha dengan pengalaman yang diberikan ini.

Berita Lainnya  Kerja Keras di Tengah Keterbatasan Fisik, Pelajar Tuna Netra Ini Bermimpi Punya Album Rekaman

“Anak-anak kami piket di koperasi tiap hari, kalau ada kegiatan terkait dengan koperasi kami ikutkan supaya mereka bisa meningkatkan sekaligus juga mengukur kemampuan mereka,” kata dia.

Ditambahkannya, SMK N 1 Nglipar sendiri merupakan satu-satunya koperasi sekolah di Kabupaten Gunungkidul yang sudah terdaftar. Untuk pendaftaran ini memang cukup rumit lantaran harus ada AD ART yang jelas.

“Data kami sudah terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM, kami memang belum berbadan hukum karena anak didik kami sebagai anggota koperasi memang belum cakap hukum,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK N 1 Nglipar, Susanta berharap para siswa yang memenangkan lomba koperasi akan menjadi role model bagi siswa lainnya dalam mengembangkan koperasi. Sehingga nantinya keberhasilan koperasi di SMK N 1 Nglipar juga dapat diimplementasikan pada majunya koperasi sekolah.

Berita Lainnya  Kenaikan Jumlah Kendaraan Disebut Jadi Penyebab Utama Semakin Maraknya Pelanggaran Lalu Lintas

“Misalnya omzetnya naik terus, mengadakan RAT dan bahkan bisa membagi SHU untuk siswa yang menjadi anggota,” tandasnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler