fbpx
Connect with us

Sosial

Lima Bulan Terakhir, Puluhan Orang Meregang Nyawa di Jalanan Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2021 ini, kecelakaan maut yang terjadi jalanan Gunungkidul cukup banyak terjadi. Belum genap satu semester, puluhan korban meregang nyawa akibat terlibat insiden di jalan raya. Bahkan jika merunut pada grafik yang terjadi hingga pertengahan tahun ini, korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas diperkirakan bakal mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Givriyanto menuturkan, berdasarkan laporan yang masuk ke jajarannya, hingga akhir Mei 2021 ini, terdapat 257 kasus kecelakaan lalu lintas. Dari peristiwa tersebut melibatkan 347 orang korban dengan sebanyak 318 orang mengalami luka ringan hingga berat.

“Ada 29 orang yang dinyatakan meninggal dunia, tiga diantaranya merupakan anak di bawah umur,” papar Martinus, Senin (31/05/2021).

Diakuinya, pada 5 bulan terakhir ini, memang ada tren peningkatan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban meninggal dunia. Ia sendiri cukup prihatin lantaran insiden maut ini, sebagian besar dipicu oleh dilakukannya pelanggaran lalu lintas.

“Hal ini sedang kami bahas secara serius dengan berbagai stakeholder. Kita menargetkan untuk menekan angka meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Gunungkidul,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Gunungkidul, Ipda Anton menambahkan, kebanyakan korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia akibat cidera kepala berat. Kecelakaan sendiri dipicu oleh berbagai hal seperti misalnya pelanggaran lalu lintas, hingga tidak hafal medan. Gunungkidul sebagai lokasi pariwisata memang cukup banyak didatangi oleh pengguna jalan dari luar daerah.

“Faktor kelelahan juga banyak terjadi, mereka memaksakan perjalanan panjang. Kemudian juga ada faktor adanya pengendara di bawah umur yang memaksakan diri mengendarai atau mengemudikan kendaraan membuat kecelakaan masih cukup tinggi,” tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan data dari Polres Gunungkidul, pada tahun 2020 terdapat 512 kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan dengan kasus yang terjadi di 2019 dengan jumlah 703 kecelakaan. Meski mengalami penurunan jumlah kasus, namun untuk angka fatalitas atau mengakibatkan korban meninggal dunia justru mengalami kenaikan. Apabila pada tahun 2019 hanya ada 55 korban meninggal dunia, maka pada tahun 2020 terdapat 58 orang meninggal dunia akibat kecalakaan di jalanan Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler