fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Jajanan Anak Sekolah dari Masa ke Masa

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Jajanan yang biasa dijual di sekitar sekolah memang menjadi makanan yang selalu dirindukan. Bahkan, ketika kita sudah beranjak dewasa dan sudah lulus dari sekolah hingga bertahun-tahun, tetapi jajanan khas sekolah tersebut akan membuat kita rindu dan ingin kembali ke masa sekolah. Dewasa ini, beberapa jajanan sekolah zaman dulu mulai dijual kembali pada saat ini. Sebelum mulai hunting jajanan khas anak sekolah, catat terlebih dahulu daftar jajanan anak sekolah terlaris sejak dulu hingga saat ini.

Cilok

Siapa yang tak kenal dengan makanan enak dari Bandung yang satu ini? Cilok adalah singkatan dari Aci Dicolok. Bentuk makanan ini nampak seperti bakso. Hanya saja, cilok dibuat dari tepung tapioka, daging, dan telur. Alhasil, tekstur cilok ini cenderung lebih kenyal dibanding bakso sapi pada umumnya. Jajanan anak sekolah terlaris ini tidak hanya ada di Bandung. Cilok sudah mulai dijual di pelataran sekolah di kota-kota lainnya. Yang membuat cilok ini terasa semakin sedap adalah campuran saus kacang, kecap, dan sambal yang ditambahkan saat hendak menyantap cilok.

Berita Lainnya  Sepuluh Fakta Tentang Film Captain Zhazam

Es Mambo

Di siang hari yang terik, anak-anak sekolah tentu sangat suka menikmati minuman yang segar-segar dan manis. Es mambo yang murah meriah ini bisa menjadi pelepas dahaga di siang hari. Proses pembuatan es mambo terbilang sangat mudah, yakni air minum diberi sirup, lalu dimasukkan ke dalam plastik, diikat ujungnya, dan dibekukan di dalam kulkas.

Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng adalah salah satu jajanan anak sekolah yang nge-hits juga. Makanan khas dari Bandung, Jawa Barat ini terbuat dari campuran adonan ikan tenggiri dan tahu. Biasanya, batagor disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Telur Ping Pong

Dinamakan telur ping pong karena telur dadar yang satu ini dibuat di wajan berbentuk bulat-bulat kecil. Alhasil, telur ini memiliki ukuran bundar dan hampir mirip dengan bola ping pong. Jajanan anak sekolah terlaris ini ternyata sudah disukai sejak puluhan tahun yang lalu. Pedagang biasa menggunakan telur ayam atau telur puyuh. Kemudian, telur tersebut dikocok dengan garam, merica, dan penyedap rasa, lalu diberi taburan daun bawang. Selanjutnya, telur dituang sedikit ke wajan. Telur ping pong sebenarnya hampir sama dengan sate telur gulung, hanya saja keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Berita Lainnya  Lima Keunggulan  Mie Instan Dengan Cara Pengolahan yang Tepat

Martabak Mini

Jajanan enak dan nge-hits lainnya di sekolah adalah martabak mini. Martabak ini dibuat dengan campuran bahan sederhana. Di antaranya adalah tepung terigu, soda kue, telur, air, gula dan garam. Biasanya, martabak seperti ini diberi isian keju, cokelat, meises atau strawberry. Martabaknya sendiri dimasak dengan menggunakan teflon hingga matang, untuk kemudian dilipat sedemikian rupa. Rasanya tak kalah enak dari martabak-martabak mahal, lho.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler