fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Lima KUA di Gunungkidul Sudah Bisa Cetak Kartu Nikah

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun lalu, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat mengeluarkan program kartu nikah sebagai identitas pasangan pernikahan. Sampai dengan saat ini  baru 5 Kantor Urusan Agama (KUA) yang sudah bisa melakukan pencetakan kartu tersebut. Nantinya setelah 5 KUA,Kemenag akan melakukan  evaluasi dan penambahan KUA yang sekiranya siap melakukan pencetakan.

Kasi Bimbingan Islam Kemenag Gunungkidul, Supriyanto mengungkapkan, sejak awal tahun lalu sudah ada KUA yang bisa melayani cetak Kartu Nikah. KUA ini dianggap mampu merealisasikan program pemerintah dan menjadi pilot project realisasi Kartu Nikah.

“Ada di Playen, Paliyan, Wonosari, Semin dan Tepus yang sudah merealisasikan program pencetakan Kartu Nikah,” kata Supriyanto, Selasa (15/09/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan tentu ada evaluasi dalam penerbitan kartu nikah. Di sisi lain, 13 KUA lain juga belum menerapkan program ini. Nantinya jika sudah siap baik sumber daya manusianya dan fasilitasnya tidak menutup kemungkinan juga akan direalisasikan pada KUA di lain daerah.

Berita Lainnya  Ada Ceramah Berbau Politis di Tempat Ibadah, Kemenag : Jamaah Boleh Interupsi

“Untuk sementara ini baru di 5 itu. nanti yang lainnya tentu menyusul,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala KUA Playen, Zuhdi Rahmanto mengatakan bahwa sudah sejak beberapa bulan lalu para manten anyar di Kapanewon Playen mendapatkan Kartu Nikah. Mereka yang menikah tidak hanya mendapatkan buku nikah tapi disertai dengan kartu nikah yang bentuknya menyerupai ATM.

“Kartu ini bisa dibawa kemana-mana jadi data yang bersangkutan ada pada kartu tersebut,” jelasnya.

Selama ini tidak ada kendala yang dihadapi. Di tahap awal KUA Playen mendapatkan 500 keping kartu nikah. Kemudian jika kartu tersebut habis maka KUA mengajukan distribusi ke Kemenag.

“Ndak ada problem selama ini dalam pelaksanaannya. Lancar-lancar saja,” kata dia.

 

Berita Lainnya  Baru Hitungan Bulan Jalan Dana Desa Sudah Rusak Parah, Warga Protes

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler