fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Ditargetkan Rampung Akhir Tahun, Revitalisasi Pasar Munggi Masuki Tahap Lelang

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul saat ini sedang melakukan proses lelang proyek revitalisasi Pasar Munggi yang berada di Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu. Setelah proses lelang dilakukan, pada awal Oktober mendatang diharapkan pembangunan fisik pasar ini dapat segera dilakukan. Revitalisasi pasar ini menjadi satu-satunya proyek pembangunan dan revitalisasi pasar di Gunungkidul.

Kepala Bidang Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Ari Setiawan mengungkapkan, Ari Setiawan mengatakan, beberapa waktu lalu pemerintah kabupaten mengusulkan revitalisasi bangunan pasar. Usulan tersebut kemudian disetujui oleh kementerian anggaran untuk pembangunan sendiri juga telah turun ke pemerintah kabupaten.

“Sekarang sedang dalam proses lelang di BLP. Untuk target sendiri direncanakan  mulai tanggal 1 Oktober sudah mulai pembangunan dan di 22 Desember sudah selesai,” kata Ari Setiawan.

Berita Lainnya  Long Weekend di Masa Ramadan Tak Dongkrak Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul

Selain perbaikan bangunan, nantinya juga akan dilakukan perbaikan manajemen pengelolaan dan pengoptimalan daya tampung bagi pedagang dan UKM. Sehingga keberadaan pasar tradisional ini benar-benar dapat menghidupi geliat perekonomian di sekitar. Sejak beberapa waktu lalu, pemerintah sudah memindahkan para pedagang di pasar darurat.

“Untuk pembangunan pasar ini merupakan satu-satunya proyek yang diselenggarakan untuk perbaikan pasar di Gunungkidul,” tambahnya.

Tahun 2020 ini sebenarnya ada beberapa pasar yang direncanakan direvitalisasi. Namun lantaran adanya pandemi covid-19 yang terjadi, banyak sumber dana yang di refocusing. Sehingga rencana pembangunan tersebut terpaksa ditunda terlebih dahulu.

Lebih lanjut ia mengatakan, belum lama ini dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul bersama dengan OPD lainnya juga melakukan survey lokasi pasar yang nantinya akan menjadi prioritas pembangunan di tahun 2021 mendatang.

Berita Lainnya  Lima Sekolah Ini Akan Ditetapkan Sebagai Sekolah Siaga Bencana

“Sudah ada survey yang kami lakukan untuk menentukan skala prioritas dalam pembangunan di 2021 mendatang. Tapi saya belum bisa menyampaikan lebih jauh mana saja karena anggaran sendiri belum ada dan belum pasti,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler