fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Makanan Yang Diolah Dari Ikan Tengiri

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ikan tenggiri merupakan jenis ikan laut yang memiliki kandungan protein, vitamin, serta omega-3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak manusia. Indonesia sendiri merupakan negara yang menempati urutan pertama sebagai penghasil ikan tenggiri terbanyak di dunia sejak tahun 1984. Di Indonesia membuat ikan ini banyak menjadi favorit orang-orang untuk dijadikan berbagai olahan makanan yang lezat seperti berikut ini.

Pempek Ikan Tenggiri

Pempek merupakan makanan khas dari daerah Palembang yang kini sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Makanan ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Pempek memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa gurih dan aroma khas ikan tenggiri. Makanan ini dicampur dengan saus cuka yang memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas.

Sempol Ikan Tenggiri

Sempol merupakan makanan khas kaki lima yang biasa dijajakan di pinggir jalan. Salah satu varian sempol adalah sempol ikan tenggiri. Jajanan ini berbentuk seperti sate dan terbuat dari campuran ikan tenggiri dan ragi yang dibalut kocokan telur. Rasanya gurih dan kenyal serta bisa dinikmati dengan tambahan saus sambal atau saus kacang.

Otak-Otak Ikan Tenggiri

Otak-otak merupakan jajanan khas kepulauan Riau yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Makanan ini sudah sangat populer dan mudah dijumpai di jajanan kaki lima. Otak-otak memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih aroma bakar yang khas. Makanan ini bisanya disajikan dengan bumbu kacang. Cara membuat otak-otak adalah dengan mencampur ikan tenggiri giling, tepung sagu, telur, santan, bawang, garam, dan gula, Adonan tersebut kemudian digulung di dalam daun pisang kemudian dibakar atau dipanggang menggunakan api sedang hingga tercium aroma wangi dan matang.

Batagor Ikan Tenggiri

Batagor merupakan makanan khas kota Bandung yang merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Kebanyakan batagor menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar campuran tepungnya. Adonan ikan tenggiri  yang sudah dicampur dengan tepung tapioka ini kemudian digoreng bersama tahu coklat dan kulit pangsit kemudian disajikan dengan saus kacang.

Siomay Ikan Tenggiri

Selain batagor, jajanan populer dari kota Bandung lainnya adalah siomay. Siomay memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan batagor, hanya saja cara memasak siomay adalah dengan cara dikukus. Siomay menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya dan disajikan dengan pelengkap lain seperti telur atau kol rebus yang disiram saus kacang. Untuk membuat siomay, kamu cukup mencampur ikan tenggiri giling, telur, gula, dan garam kemudian campurkan tepung kanji sedikit demi sedikit. Bungkus adonan tersebut dengan kulit pangsit kemudian kukus selama 15 hingga 20 menit. Setelah matang, sajikan siomay dengan pelengkap lainnya dan siramkan saus kacang.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler