fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Biji Rami Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Biji rami terkenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, seperti menyediakan protein dan serat dalam jumlah yang cukup untuk tubuh, mengurangi nafsu makan sehingga bagus untuk diet, dan membantu mengendalikan berat badan. Tapi, biji rami lebih sering dikonsumsi sebagai minyak, bukan dalam bentuk utuhnya. Minyak biji rami, juga dikenal sebagai minyak rami, dibuat dari biji rami yang telah digiling dan ditekan untuk melepaskan minyak alami mereka. Minyak yang mempromosikan kesehatan ini memiliki berbagai kegunaan, mulai dari untuk dikonsumsi hingga perawatan kulit.

Tinggi Asam Lemak Omega-3

Tidak hanya ikan saja ternyata yang tinggi kandungan asam lemak Omega-3, karena minyak biji rami juga memilikinya. Satu sdm (15 ml) minyak rami mengandung 7,196 mg Omega-3. Secara khusus, minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA), bentuk asam lemak omega-3 yang hanya diubah dalam jumlah kecil menjadi bentuk aktif omega-3, seperti EPA dan DHA. Jika Anda tidak mendapatkan cukup DHA dan EPA dalam makanan Anda, makan saja minyak biji rami. Soalnya, tubuh kita setidaknya membutuhkan 1.600 mg asam lemak Omega-3 ALA setiap harinya untuk pria, dan 1.100 mg untuk wanita. Hanya dengan 1 sdm minyak rami saja sudah memenuhi kebutuhan ALA harian Anda.

Mengobati Sembelit dan Diare

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Mengunyah Permen Karet

Siapa di sini yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan diare? Minyak rami dapat menyembuhkan penyakit sembelit dan diare Anda, loh! Penelitian pada hewan baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak biji rami bertindak sebagai pencahar untuk kelancaran sistem pencernaan, sambil sekaligus bertindak sebagai agen antidiare. Studi lain yang telah meneliti 50 pasien sembelit pada hemodialisis baik minyak biji rami, minyak zaitun, dan minyak mineral. Dalam satu bulan, ternyata minyak biji rami-lah yang dapat meningkatkan frekuensi gerakan usus dan meningkatkan konsistensi tinja.

Kesehatan Jantung

Manfaat minyak rami yang selanjutnya adalah untuk kesehatan jantung. Tekanan darah tinggi dapat membahayakan kesehatan jantung. Karena, tekanan ekstra pada jantung sehingga memaksa untuk bekerja lebih keras. Baik penuaan dan peningkatan tekanan darah umumnya terkait dengan penurunan elastisitas. Nah, minyak biji rami dapat meningkatkan elastisitas arteri. Semua berkat kandungan Omega-3 yang tinggi dalam minyak biji rami. Banyak penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung, dengan manfaat lanjutan seperti mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

Berita Lainnya  Tujuh spot di  Jogja yang Ramai dikunjungi Saat Lebaran

Memperkecil Pertumbuhan Sel Kanker

Selain baik untuk jantung, ternyata minyak rami juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian saat ini terbatas pada uji tabung dan penelitian pada hewan, ada beberapa bukti bahwa minyak biji rami dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker. Dalam satu penelitian pada hewan, tikus diberi 0.3 ml minyak biji rami selama 40 hari. Hasilnya, minyak rami ternyata dapat mencegah penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor paru-paru. Minyak biji rami juga terbukti dapat memblokir pembentukan kanker usus besar pada tikus. Lalu, penelitian tabung reaksi telah menghasilkan temuan serupa, minyak biji rami dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat minyak rami yang terakhir adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Telah dilakukan penelitian pada 13 wanita untuk mengonsumsi suplemen minyak biji rami selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, mereka mengalami peningkatan dalam kehalusan dan hidrasi kulit, sementara sensitivitas kulit terhadap iritasi menurun. Itulah beberapa kebaikan minyak rami untuk tubuh jika Anda mengonsumsinya. Sekarang, Anda mungkin berpikir untuk mulai mengonsumsi minyak biji rami.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler