fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau

Published

on

Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 157
Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 158 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 159 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 160 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 161 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 162 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 163 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 164 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 165 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 166 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 167 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 168 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 169 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 171 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 172 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 173 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 174

Jogja,(pidjar.com)–Khusus bagi Anda yang ingin mencoba makan jengkol tetapi enggan dengan baunya, ada beberapa cara memasak jengkol agar tidak bau. Tips berikut ini bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Meski mungkin aroma tersebut tidak hilang sepenuhnya, bau jengkol bisa sedikit dikurangi sehingga tidak terlalu kuat dan mengganggu. Apa sajakah itu? Ini dia beberapa tipsnya untuk Anda dilansir dari bacaterus!

Direbus Bersama Daun Jeruk

Tips pertama yang bisa dilakukan agar aroma jengkol tidak terlalu kuat adalah merebusnya bersama dengan daun jeruk. Daun jeruk memiliki aroma wangi yang sangat kuat. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk “menutupi” aroma jengkol yang tidak kalah kuat. Siapkan beberapa lembar daun jeruk, khususnya daun jeruk purut kemudian cuci bersih dan iris. Sebelum diolah menjadi aneka hidangan sedap, jengkol biasanya direbus terlebih dahulu agar empuk. Pada saat inilah daun jeruk nipis yang sudah diiris dimasukkan ke dalam rebusan jengkol. Jengkol Anda pun tidak akan terlalu beraroma menyengat.

Rebus Menggunakan Daun Jambu Biji

Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 175 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 176 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 170

Selain daun jeruk purut, daun jambu biji juga dapat diandalkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada jengkol. Cara penggunaannya sama saja: Anda cukup merebus beberapa lembar daun jambu biji dengan jengkol. Selain dapat mengurangi bau yang menyengat, daun jambu biji juga bisa membuat tekstur jengkol menjadi lebih cepat empuk. Sehingga pada saat dikonsumsi, jengkol lebih terasa nikmat. Jangan lupa untuk membuang air rebusannya agar racun dalam jengkol juga ikut terbuang.

Merendam Jengkol Menggunakan Air Kapur Sirih

Cara memasak jengkol agar tidak bau selanjutnya dimulai pada saat perendaman. Sebelum merebus dan mengolah jengkol, disarankan untuk merendam jengkol selama satu malam menggunakan air kapur sirih. Jika aroma jengkol masih terasa menyengat, Anda bisa memasukkan air kapur sirih pada proses perebusan. Rebus jengkol hingga matang dan empuk. Setelahnya, selamat Anda bisa menikmati jengkol tanpa bau yang terlalu mengganggu!

Rebus Jengkol Menggunakan Campuran Abu Gosok

Tips selanjutnya agar bau jengkol dapat berkurang adalah merebusnya dengan abu gosok. Abu gosok biasanya digunakan untuk membuat telur asin. Akan tetapi kali ini, ia juga bisa diandalkan untuk menghilangkan bau pada jengkol. Abu gosok merupakan limbah pembakaran dari sekam padi. Berbentuk abu namun kasar, ia juga bisa digunakan untuk mencuci alat rumah tangga, khususnya menghilangkan noda gosong pada bagian bawah wajan atau panci. Untuk menghilangkan aroma jengkol, sehabis merebusnya dengan abu gosok, diamkan sebentar lalu ganti air rebusan dengan air dingin. Kemudian diamkan lagi selama satu malam sebelum jengkol diolah menjadi aneka hidangan lezat.

Merebusnya Menggunakan Daun Salam

Jika Anda kesulitan mendapatkan daun jeruk purut, bisa menggantinya dengan daun salam. Daun salam juga memiliki aroma yang sedap. Ia biasa digunakan sebagai penambah aroma pada aneka masakan. Nah! Sebab aromanya yang wangi, daun salam juga bisa dimanfaatkan sebagai “senjata” penghilang bau jengkol. Caranya sama dengan tips menggunakan daun jeruk, yaitu rebus jengkol bersama dengan daun salam. Selamat mencoba!

Merendam Menggunakan Air Cucian Beras

Cara lain memasak jengkol agar tidak bau adalah merendamnya menggunakan air cucian beras. Rendam kurang lebih satu malam, setelah itu buang air rendaman dan ganti menggunakan air cucian beras yang baru. Ulangi setidaknya selama 2 sampai 3 malam. Kemudian, saring dan keringkan jengkol untuk selanjutnya dibilas. Baru setelah itu, jengkol bisa direbus dan diolah. Selamat menikmati jengkol tanpa bau yang terlalu menyengat!

Rebus Menggunakan Kopi Bubuk

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau jengkol adalah merebusnya menggunakan kopi bubuk. Pertama, cuci jengkol terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian rebus menggunakan campuran kopi bubuk. Rebus dengan api kecil selama kurang lebih satu jam. Jangan lupa, setelah merebusnya, cuci bersih kembali jengkol Anda. Tujuannya tentu saja agar tidak ada aroma atau rasa kopi yang tertinggal. Aroma kopi yang takkalah kuat dipercaya dapat menetralisir bau.

Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 178 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 179 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 180 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 181 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 182 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 183 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 184 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 185 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 186 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 187 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 188 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 189 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 190 Tujuh Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bebau 191

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler