fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Penyebab Penyakit Kulit yang Dapat Mengganggu Penampilan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan sinar matahari, membantu mengatur suhu tubuh, merasakan sensasi sentuhan dan nyeri, serta menghasilkan vitamin D. Sebagai bagian terluar tubuh yang menerima berbagai paparan dari lingkungan, kulit dapat dengan mudah mengalami gangguan atau penyakit. Penyakit kulit dapat muncul secara tak terduga, dan banyak orang menganggap penyebabnya selalu berkaitan dengan kebersihan tubuh yang buruk. Padahal, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya penyakit kulit. Ingin tahu penyebabnya? Simak ya!

  1. Terpapar Sinar UV Berlebih

Tak hanya menjadi bisa menyebabkan penyakit kulit, paparan sinar UV berlebih juga bisa memicu keparahan penyakit. Psoriasis dan rosacea termasuk penyakit yang bisa muncul akibat paparan sinar UV berlebih. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai usaha untuk membatasinya yaitu dengan cara mengoleskan tabir surya ke seluruh kulit saat berkegiatan di luar ruangan, menggunakan pakaian tertutup agar sinar matahari tak langsung mengenai kulit, menggunakan topi jika panas terlalu menyengat dan lainnya.

  1. Memiliki Riwayat Penyakit Kulit Dalam Keluarga
Berita Lainnya  Resmi Dibuka Bupati, Jimbaran Handayani Resto Siap Berikan Kuliner Murah dan Mewah

Faktor genetik berperan besar meningkatkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kulit. Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit kulit tertentu, Anda juga termasuk yang berisiko. Biasanya kondisi ini muncul pada berbagai penyakit kulit autoimun seperti vitiligo dan psoriasis. Selain itu, rosacea dan eksim juga termasuk penyakit kulit yang berpeluang besar diturunkan dalam keluarga.

  1. Dulu Pernah Mengalami Infeksi Kulit

Penyakit kulit bisa muncul sebagai akibat atau komplikasi dari masalah kulit tertentu. Misalnya, selulitis merupakan salah satu komplikasi dari impetigo. Selain itu, Anda juga bisa terkena selulitis jika memiliki masalah kulit lain seperti kutu air, dermatitis kontak, eksim, herpes zoster, dan cacar air. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat hingga tuntas saat terkena penyakit kulit. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemunculan penyakit lainnya untuk masuk dan menginfeksi kulit.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Kuman termasuk bakteri, virus, dan penyakit menyukai lingkungan yang kotor dan lembap untuk berkembang biak. Orang yang tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungannya sangat berisiko tinggi terkena penyakit kulit. Hal ini terutama yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit. Untuk menurunkan risiko ini, mulailah peduli dengan kebersihan diri. Jangan malas untuk mandi setiap harinya. Mandi membantu membersihkan kotoran dan keringat yang menempel di tubuh setelah beraktivitas. Selain menjaga kebersihan diri, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama rumah. Usahakan untuk rajin mengganti seprai, membersihkan lantai, dan karpet agar Anda terhindari dari berbagai infeksi kulit.

  1. Sistem Imun Tubuh Lemah
Berita Lainnya  Spot-spot Selfie Keren di Gunungkidul

Sistem imun memiliki fungsi penting yaitu sebagai pelindung tubuh dari infeksi penyakit. Ini karena sistem kekebalan tubuh memiliki banyak sel putih yang berguna untuk memerangi kuman penyebab infeksi. Ketika kondisinya melemah, otomatis tugasnya untuk melawan kuman penyebab penyakit kulit menjadi terhambat. Akibatnya, virus dan bakteri dapat dengan mudah masuk dan menginfeksi kulit.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler