fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tanda Organ Liver Bermasalah

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Hati atau liver merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh. Sebab ia berfungsi sebagai area penahan racun dari makanan atau obat-obatan yang kita konsumsi. Lalu, bagaimana mengatahui tanda liver bermasalah? Perlu diketahui, selain menyaring racun, hati juga menyimpan zat-zat penting, seperti glikogen dan beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi. Jadi bila terjadi masalah pada organ hati, tubuh akan memberi tanda dengan gejala yang terkait dengan masalah kesehatan.

Organ hati sulit mencerna makanan dengan tinggi lemak

Mengutip dari Hellosehat, hati menghasilkan empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Lemak yang dicerna ini nantinya sangat penting untuk penyerapan vitamin yang larut dalam lemak (misalnya vitamin D). Lalu digunakan untuk memperbaharui dan memperkuat  vitamin di dalam tulang. Bila hati mencerna makanan dengan banyak lemak, bukan tidak mungkin akan terjadi masalah. Misalnya terdapat benjolan lemak pada kulit, kelebihan berat badan sampai obesitas.

Sering mengalami perut kembung

Berita Lainnya  Sebelum Disimpan Dalam Kulkas, Daging Kurban Dilarang untuk Dicuci

Bila anda sering merasakan perut kembung, bisa mengindikasikan gejala nonalcoholic steatohepatitis (NASH), di mana hati menjadi berlemak, bengkak, dan tergores. Nah bila hati mengalami pembengkakan sangat mungkin jika Anda merasakan perut kembung.

Kenaikan Berat Badan Yang Tidak Jelas 

Kalau organ hati sudah memiliki masalah, metabolisme tubuh mengalami penghambatan sehingga tubuh kesulitan membakar kalori, meskipun sudah berolahraga. Sulitnya tubuh untuk mengurangi kalori dan lemak dikarenakan hati tidak dapat berfungsi untuk mengatur insulin, memecah lemak dan mengatur glukosa darah. Akibatnya, kelebihan berat badan dapat menurunkan kepadatan tulang.

Sering Merasa Kepanasan Dan Sering Berkeringat

Organ hati juga berfungsi untuk mengatur produksi hormon di dalam tubuh. Hati juga sangat berhubungan dengan hypotalamus di otak yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Hypothalamus juga berperan untuk mengatur kortisol yang dapat merusak tulang dengan melepaskan hormon. Untuk itu, bila hati bermasalah, ia akan memengaruhi suhu tubuh dan mempengaruhi kesehatan tulang.

Berita Lainnya  Lima Benda Yang Wajib Dimiliki Untuk Merawat Kulit

Perut Membuncit Meskipun Bukan Peminum Alkohol

Bila organ hati sudah mengalami pembengkakan atau bahkan tidak berfungsi, lemak pada perut bagian atas cenderung lebih terlihat. Inilah salah satu tanda liver bermasalah yang paling mudah terlihat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler