fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Jaga Kelembutan Kulit Akibat Sering Mencuci Tangan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Ada efek lain yang ditimbulkan dengan rajinnya mencuci tangan. Salah satunya yang paling terasa adalah kulit tangan menjadi lebih kering dan kasar. Sebagian orang lainnya mengalami kulit tangan mengelupas. Melansir dari Healthline, para ahli memberikan beberapa tips untuk merawat kesehatan dan kelembutan tangan tanpa mengurangi intensitas mencuci tangan. Apa saja?

Mencuci Dengan Air Hangat

Ada yang bilang jika mencuci tangan menggunakan air panas dapat membunuh virus corona. Namun tentunya, suhu air yang panas dapat membuat tangan menjadi lebih kering, bahkan bisa membuat kulit melepuh. Sebab air panas dapat membersihkan minyak alami yang kulit produksi sendiri. Selain itu, belum ada penelitian yang menunjukkan jika mencuci tangan menggunakan air panas benar-benar dapat membunuh virus Covid-19. Jadi ketimbang menggunakan air panas, para ahli menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan air hangat. Cuci tangan selama 20 detik menggunakan air hangat dan sabun. Pastikan Anda mengusap seluruh permukaan telapak dan punggung tangan, meliputi sela-sela jemarimu juga.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Agar Anak Doyan Makan

Gunakan Sabun Yang Melembapkan

Faktanya, ada banyak jenis sabun yang dapat mengangkat kelembapan alami kulit sehingga membuatnya kering dan mengelupas. Para ahli menyarankanmu untuk mencari sabun yang memiliki kandungan melembapkan, seperti gliserin dan lanolin. Selain itu, mereka nggak menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun batang.

Kandungan yang digunakan untuk menahan sabun batang tetap pada bentuknya memiliki kandungan pH yang tinggi. Artinya, ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Karena itu, coba mengganti produk tersebut dengan sabun cair karena umumnya, sabun jenis ini nggak menyebabkan kekeringan berlebih. Para ahli juga menambahkan, apapun jenis sabun yang digunakan, usahakan untuk nggak menggosok tanganmu secara agresif atau terburu-buru. Gosok secara perlahan untuk menjaga kelembutan tanganmu.

Mengaplikasikan Pelembap

Ketika air nggak ‘terkunci’ dalam kulit setelah mencuci tangan, ini dapat membuatnya terasa kering. Alasannya, air bekerja seperti magnet dan akan bekerja menarik air keluar dari lapisan terdalam kulit, kemudian menguap ke udara. Hasilnya akan menyebabkan kulit yang lebih kering dan terasa ketat. Untuk mencegah ini terjadi, pastikan mengaplikasikan hand cream setelah mencuci tangan, sekalipun lapisan tipis.

Berita Lainnya  Lima Manfaat  Mie Instan Dengan Cara Pengolahan yang Tepat

Ada banyak jenis pelembap kulit, namun para ahli menyarankan untuk menggunakan produk dengan tipe konsistensi krim ketimbang lotion atau ointment. Sebab, dua konsistensi tersebut terlalu banyak mengandung air dan kurang dapat menahan air menguap dari dalam kulit. Para ahli menambahkan, ada beberapa jenis kandungan dalam pelembap topikal yang dapat membantu melindungi kulit, seperti oklusif, humektan, dan emolien. Jadi, Anda dapat mencari produk pelembap dengan jenis kandungan tersebut untuk merawat kelembutan tanganmu.

Menggunakan Sarung Tangan

Jika ingin membuat tangan lebih lembut dan lembap, rendam tangan dalam air selama 5 menit, aplikasikan pelembap, lalu gunakan sarung tangan selama 1-2 jam. Langkah ini memastikan agar pelembap dapat melembapkan tanganmu dengan tepat. Jika kondisi kulit tangan mengelupas, coba aplikasikan pelembap dengan konsistensi yang kental atau ‘tebal’, lalu gunakan sarung tangan berbahan katun di malam hari. Sarung tangan ini akan bekerja seperti sheet mask pada wajah, yaitu menjaga tangan tetap lembap hingga 6-8 jam. Selain itu, menggunakan sarung tangan pada cuaca dingin atau berangin juga dapat mencegah tangan kering, Bela.

Berita Lainnya  Resep Sup Ikan Nila Kuah Bening

Mengaplikasikan Skin Balm

Jika mengalami kondisi kulit seperti eksema atau psoriasis, dan merasa kulit semakin kering dan mengelupas karena cuci tangan, para ahli menyarankan untuk menggunakan balm seperti vaseline dan mengaplikasikannya langsung pada area yang bermasalah. Produk ini dapat meredakan kulit yang bermasalah dan menjaganya dari kerusakan berlebih. Tips ini sangat berguna jika Anda masih harus beraktivitas di luar ruangan. Jika kulit terbuka cukup dalam, seperti pada bagian sisi kuku, Anda dapat menggunakan liquid band-aid. Produk ini membantu menjaga ujung celah menutup sehingga mempercepat penyembuhan luka.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler