fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima  Tips Mengatasi Alergi Saat Cuaca Hujan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Alergi pada dasarnya adalah reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Hingga sekarang, para ahli belum menemukan faktor utama penyebab alergi. Namun hipotesis yang ada menyebutkan bahwa alergi bisa didapat melalui faktor keturunan/genetik. Alergi seseorang akan kambuh jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan terhadap suatu zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Pada umumnya alergi tidak berakibat serius bagi penderitanya, namun dalam beberapa kasus, penderita alergi akan mengalami reaksi alergi yang dapat berakibat fatal. Manifestasi alergi sendiri bervariasi pada setiap individu, seperti gejala di kulit, saluran pernapasan, dan lainnya. Pada kasus Anda, gejala utama terjadi pada saluran pernapasan (rhinitis alergi), dengan keluhan bersin dan hidung berair, terutama setiap bangun tidur. Faktor tersebut juga dapat memicu sinusitis.

Berita Lainnya  Empat Penyebab Diare saat puasa

Untuk mengurangi kekambuhan alergi, Anda dapat melakukan tips seperti memakai jaket tebal agar tubuh terlindungi diri terhadap suhu yang dingin. Selain mengenakan baju hangat, mengonsumsi makanan atau minuman hangat.

  1. Pastikan Rumah Bersih

Setiap kali masuk ke dalam rumah, tanpa disadari, Anda mempersilakan zat alergen ikut masuk. Zat-zat alergen ini menempel di pakaian, sepatu, rambut, dan kulit Anda. Mandi setelah beraktivitas di luar, membersihkan rumah secara rutin, atau meninggalkan sepatu di luar rumah akan menjaga rumah Anda bebas dari zat alergen. Salah satu penyebaran zat alergen adalah melalui udara. Dengan memasang filter udara di AC atau jendela, tingkat penyebaran zat alergen di dalam rumah akan turun hingga 95%. Cara lain yang jitu adalah dengan menutup jendela supaya serbuk atau debu tidak masuk ke dalam rumah.

  1. Kenakan Masker
Berita Lainnya  Tujuh Jenis Ikan Cupang Cantik yang Bisa Dipelihara

Mengenakan masker dapat membantu zat alergen masuk ke dalam hidung. Kenakan di saat Anda membersihkan rumah. Pilihan masker tipe N95 dapat menyaring partikel kecil seperti serbuk sari atau debu yang dapat memicu alergi Anda.

3.Konsumsi Makanan Sehat

Studi menyatakan bahwa individu yang rajin mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah lebih kuat melawan alergi. Jadi, cobalah memasukkan sayuran atau buah-buahan di dalam menu makan Anda.

  1. Minum Banyak Air

Meminum banyak air membantu menipiskan mukosa di saluran napas sehingga meringankan alergi Anda.

 5.Penguapan

Menghirup uap adalah cara simpel melegakan saluran pernafasan. Duduk di hadapan wadah berisi air panas lalu tutupi kepala dengan handung dan hirup uapnya. Bila dilakukan secara rutin, metode penguapan ini bisa mengurangi gejala alergi Anda.

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Khas Paskah Dari Berbagai Negara

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler