fbpx
Connect with us

Pariwisata

Maksimalkan Potensi di Kawasan Geopark, Pemerintah Upayakan Peningkatan Sumber Daya Manusia

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pengembangan kawasan wisata geopark masih tetap dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Pariwisata dengan menggandeng sejumlah lembaga. Gunungkidul sendiri masuk dalam kawasan geopark gunung sewu bersama dengan Kabupaten Wonogiri, dan Pacitan. Untuk tetap menarik kunjungan wisata sejumlah skema pemasaran dan pengembangan diupayakan oleh pemerintah.

Kepala Bidang Industri dan Kelembagaan, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Eli Martono mengatakan Gunungkidul memiliki sejumlah geosite dengan berbagai macam potensi dan keunggulan. Saat ini Dinas Pariwisata mendorong dan memberikan edukasi serta pembekalan kepada kelompok sadar wisata dalam konsep pengembangannya.

“Beberapa pokdarwis saat ini sedang merintis pengembangan untuk meningkatkan kunjungan dan mengenalkan potensi di wilayah mereka,” ucap Eli Martono.

Selain itu, kemampuan pengelola atau anggota pokdarwis juga diasah. Bagaimana caranya mengemas potensi alam, budaya dan sejarah yang dimiliki untuk menjadi paket promosi wisata. Menurutnya pengembangan antar geosite tidak sama karena masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

“Ya kami upayakan pembinaaan dan pendampingan ini agar dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakan, selama ini dampak geopark yang telah diakui nasional maupun internasional memberikan mulai dapat dirasakan oleh masyarakat dan pengelola wisata. Ia mencontohkan, banyak masyarakat dan pemuda yang terlibat dalam kegiatan kepariwisataan dan konservasi di kawasan geopark.

“Dampaknya mulai dirasakan seperti dengan bermunculannya pemandu geopark yang dibekali pengetahuan, kemudian usaha-usaha masyarakat disekitarannya itu,” sambungnya.

Wisata di kawasan geopark merupakan wisata minat khusus. Dimana berbasis konservasi yang memperhitungkan keseimbangan lingkungan dan edukasi bagi pengunjungnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler