fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Membangkitkan Bisnis Tanaman di Gunungkidul

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menggelar pameran tanaman hias dan olahan produk holtikultura. Pameran yang digelar di kantor DPP Gunungkidul sejak Rabu(02/03/2022) kemarin bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus juga membantu memasarkan produk-produk tanaman yang dikembangkan oleh UMKM Gunungkidul. Berbagai komunitas maupun UMKM mengikuti pameran yang rencananya akan diselenggarakan hingga 6 Maret 2022 mendatang ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan, Gunungkidul merupakan daerah yang memiliki banyak potensi kekayaan alam. Namun begitu, hingga saat ini masih banyak ditemui kendala dalam bidang pemasarannya. Oleh karena itu, pihaknya ingin membantu mengenalkan berbagai potensi yang ada di Gunungkidul melalui pameran tersebut.

Berita Lainnya  Gaji Pamong Kalurahan Naik, Ini Besarannya

“Saat ini persoalan yang dihadapi adalah pemasaran, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 sangat berpengaruh dalam dunia usaha,” kata Rismiyadi, Kamis (03/03/2022).

Adapun kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Komunitas Tanaman Hias dan Hortikultura Kabupaten Gunungkidul (KOTAHINGGIL) dan berbagai pelaku UMKM. Berbagai tanaman hias dan berbagai produk tanaman hias ikut dikenalkan dalam pameran tersebut. Bisa dibilang dalam pameran ini, merupakan pameran dengan jenis terlengkap yang pernah dihelat di Gunungkidul.

Rismiyadi menambahkan, selain terkait dengan pemasaran, Gunungkidul sendiri memiliki berbagai potensi alam yang masih belum dikembangkan. Sehingga pihaknya berharap dengan adanya pameran ini potensi-potensi yang ada di Gunungkidul semakin dikenal dan dapat dikembangkan secara maksimal oleh komunitas maupun para pegiat tanaman.

Berita Lainnya  Dana Desa 2020 Tersedot Untuk Penanganan Covid19

“Di sini kami hanya memfasilitasi, semoga dengan adanya pameran ini potensi yang ada di Gunungkidul dapat semakin dikenal. Karena itu juga dapat menambahan pendapatan atau membantu perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya Dinas untuk lebih dekat dengan masyarakat. Menurut Rismiyadi pendekatan yang baik dengan cara kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan masyarakat dapat meningkatkan kemajuan bisnis pertanian di Gunungkidul.

“Kita sangat menyadari bahwa dinas tidak bisa bekerja sendiri, oleh karena itu kita perlu kolaborasi dan kerjasama dengan masyarakat,” ucap dia.

Dalam acara tersebut turut hadir pula Bupati Gunungkidul Sunaryanta, yang secara simbolis membuka bursa tanaman hias dan hasil olahan Hortikultura tersebut. Di mana acara tersebut akan dilangsungkan sampai tanggal 6 Maret 2022 mendatang.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler