fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Beberapa Jenis Olahan Jahe

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Secara umum jahe memiliki kandungan air, mineral, dan juga vitamin.  Kandungan mineral dalam jahe terdiri dair kalsium, fosfor dan juga besi. Kandungan vitaminnya terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin C.  Selain itu jahe juga mengandung berbagai zat bioaktif, antioksidan, enzim dan juga minyak atsiri. Jahe yang kaya akan berbagai manfaat ini sejak dahulu sudah sering dimanfaatkan untuk bumbu rempah makanan, dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Di daerah yang dingin biasanya jahe dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh dan juga mengembalikan stamina tubuh. Di Indonesia sendiri tanaman jahe tumbuh subur, karena memang jahe bisa tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis. Sehingga menjadi salah satu bahan dagangan yang cukup menguntungkan. Berikut manfaat jahe beserta pengolahannya.

Kesehatan

Anda dapat memanfaatkan jahe untuk mengatasi masalah di perut seperti , perut kembung, mual, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi rasa sakit ketika menstruasi. Selain itu jahe bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, membantu proses detoksifikasi tubuh, meredakan radang tenggorokan dan juga batuk. Cara yang paling mudah mengkonsumsi jahe untuk kesehatan adalah dengan menjadikannya infused water, meminum air rebusan jahe ataupun dijadikan teh jahe. Minumlah secara rutin untuk membantu menjaga metabolisme tubuh.

Kecantikan

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Dari Air Lemon Hangat Bagi Kesehatan

Selain untuk kesehatan, Anda juga dapat memanfaatkan jahe untuk kecantikan. Anda dapat menggunakan jahe untuk merangsang pertumbuhan rambut, memudarkan bekas luka dan iritasi, juga dapat membuat kulit sehat bercahaya. Selain itu jahe juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi selulit dengan menjadikannya scrub. Untuk membuat scrub jahe, Anda dapat mencampurkan gula putih, minyak zaitun, jahe parut segar dan perasan jeruk nipis.

Tapi tahukah Anda, jahe yang memiliki rasa dominan pedas ini ternyata ada beberapa pengolahan. Mau tahu? Ini dia.

Jahe Kering

Jahe olahan ini biasanya sudah dikeringkan dan diiris tipis dan dapat dikonsumsi untuk dijadikan obat. Penggunaan untuk obat ini bisa dengan cara menyeduhnya atau merebusnya.

Berita Lainnya  Lima Kegiatan Pelepas Stress Sebelum Tidur

Awetan Jahe

Awetan jahe merupakan hasil dari pengolahan jahe segar dan biasanya diolah dijadikan acar, sirup, permen jahe, dan juga jahe instan.

Bubuk Jahe

Bubuk jahe biasanya diproduksi dengan menggunakan teknologi industri dengan cara mengeringkan jahe dan menjadikannya butiran bubuk. Hasil dari bubuk jahe ini biasanya digunakan untuk dijadikan minuman ataupun jamu.

Minyak Jahe

Minyak jahe merupakan hasil ekstrak dari jahe segar dan kemudian diambil minyaknya. Manfaat dari minyak jahe ini sama dengan jahe segar. Namun minyak jahe dipercaya mengandung gingererol lebih tinggi dibandingkan jahe segar. Anda bisa menggunakan minyak jahe untuk meredakan nyeri otot dan persendian dengan mengaplikasikan langsung ke bagian oto dan sendi yang sakit. Anda juga bisa memanfaatkan minyak jahe untuk aroma terapi.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler