fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Merawat Sofa Agar Selalu Terlihat Bersih

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu dan juga ruang keluarga. Sofa wajib ada untuk menambah kenyamanan saat menerima tamu atau menonton televisi. Karena fungsi sofa untuk menambah kenyamanan, maka Anda patut meneliti apa saja yang bisa menunjang kenyamanan tersebut. Salah satu yang bikin sofa nyaman adalah kebersihan dan aromanya. Tidak jarang karena sudah lama dimiliki, sofa jadi berubah warna dan juga beraroma kurang sedap. Jika sudah begini, tamu jadi kurang nyaman, dan kita juga pasti terganggu saat sedang duduk di sofa. Nah, berikut mengenai tips supaya sofa selalu bersih.

Jemur Bantalan Kursi Minimal Seminggu Sekali

Sofa memang sangat empuk dan menggoda kita untuk selalu bersantai di atasnya. Karena sering digunakan, tentu saja bantalan sofa jadi kurang awet. Namun ada cara loh supaya bantalan sofa Anda jadi lebih tahan lama. Salah satu caranya adalah dengan menjemur bantalan sofa minimal seminggu sekali. Tidak perlu terlalu lama menjemurnya. Cukup sekitar 1 jam saja. Bolak balik bantalnya dan juga sedikit dipukuli supaya debu yang menempel di bantalan sofa bisa hilang. Cara ini juga sekaligus mencegah bantalan sofamu dipenuhi debu.

Segera Bersihkan Apabila Terkena Noda

Berita Lainnya  Lima Manfaat Sayur Genjer yang Perlu Diketahui

Aneka aktivitas kita lakukan di atas sofa. Selain tiduran dan duduk-duduk, kadang kita juga makan atau nyemil di atas sofa. Bisa dibayangkan dong betapa kotornya sofa Anda dengan aneka kegiatan yang Anda lakukan. Maka dari itu, rajinlah membersihkan sofa supaya tidak menjadi sarang debu dan penyakit untuk Anda. Jika terlihat ada noda, jangan biarkan begitu saja. Anda wajib segera membersihkannya. Apalagi jika sofa terbuat dari bahan yang halus, seperti sutra, linen, kulit asli, atau beludru, tentu makin cepat dibersihkan makin baik.

Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung

Setiap sofa membutuhkan perawatan tersendiri tergantung dari bahannya. Karenanya Anda harus tahu tips perawatan yang baik sesuai bahan sofa supaya kualitas sofa terjaga dan bisa digunakan dalam waktu lama. Apapun bahan pembuatan sofanya, sebaiknya Anda menghindarkannya dari sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa mengubah warna sofa jadi lebih cepat pudar, terutama untuk sofa berbahan kulit. Selain itu, sofa kulit yang terpapar sinar matahari akan lebih cepat mengelupas kulitnya.

Berita Lainnya  Delapan Karakter Orangtua Calon Pemilik  si kecil  Sukses

Pindah Posisi Sofa

Untuk menjaga sofa agar tetap terlihat baik seperti ketika pertama kali membeli, putar atau ganti posisi penempatan bantal-bantal sofa secara teratur dan hindari duduk di satu tempat yang sama setiap kali duduk di sofa.

Bersihkan Sesuai Bahan

Apabila sofa terbuat dari bahan yang halus, seperti sutra, linen, kulit asli, atau beludru. Jangan gunakan cairan kimia jika Anda tidak tahu cara menggunakannya. Gunakan air biasa, langsung lap dengan kain kering, lalu jemur. Untuk mengeringkannya, biarkan terkena angin. Jangan gunakan hair dryer, apalagi jika terbuat dari sutra, karena kain sofa bisa mengerut.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler