fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Tujuh Jenis Kecap Sebagai Bumbu Pelengkap Masakan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kecap merupakan bahan pelengkap yang hampir setiap hari dipakai oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya untuk menyedapkan masakan, kecap juga bisa menjadi dressing atau dipping sauce ketika menyantap makanan. Bahkan, sebagian orang gemar menambahkan kecap di setiap makanan yang hendak dimakannya. Jenis kecap ternyata ada banyak, lho. Setiap jenis kecap memiliki cita rasa dan kegunananya masing-masing. Jika Anda belum mengenal beragam jenis kecap, ini adalah saat yang tepat untuk mengenal berbagai jenis kecap beserta fungsinya.

Kecap Manis

Sebelum mengenal jenis-jenis kecap lainnya, Anda harus mengetahui jenis kecap yang paling sering dipakai oleh orang-orang Indonesia, apalagi jika bukan kecap manis. Kecap yang satu ini terbuat dari fermentasi kedelai hitam dan dicampur dengan sejumlah bahan-bahan lainnya. Sesuai dengan namanya, kecap ini memiliki rasa yang manis. Tekstur kecap manis terbilang sangat kental. Sementara untuk warnanya, rata-rata produk kecap manis memiliki warna hitam yang pekat. Kecap manis bisa dipakai untuk memasak atau ditambahkan di setiap hidangan yang hendak dimakan. Saat ini, sudah ada produk kecap manis rendah kalori yang cocok untuk Anda yang sedang diet atau penderita diabetes, lho. Kecap manis rendah kalori tentu saja memiliki kandungan gula yang lebih sedikit. Meskipun demikian cita rasa kecapnya tetap sama dengan kecap manis biasa.

Kecap Asin

Selain kecap manis, jenis kecap lain yang kerap kali dipakai di tanah air adalah kecap asin. Sama seperti kecap manis, kecap asin juga dihasilkan dari fermentasi kedelai hitam. Hanya saja, kecap asin ditambahkan garam lebih banyak sehingga cita rasanya lebih asin. Kecap asin juga kerap kali dipakai sebagai bumbu masak. Akan tetapi, penggunaan kecap asin ini biasanya sedikit saja karena umumnya setiap masakan pasti sudah ditambahkan dengan garam. Tekstur kecap asin sendiri sangat encer seperti air dan warnanya pun tidak sepekat kecap manis.

Berita Lainnya  Lima Pekerjaan Sampingan untuk Menambah Penghasilan

Kecap Ikan

Sudah pernah coba memasak dengan kecap ikan? Jenis kecap yang berikut ini memiliki tekstur yang encer dan rasa yang asin seperti kecap asin. Yang membedakan kecap ikan dengan kecap asin adalah bahan pembuatannya. Kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan, cumi-cumi, kerang, udang, atau makanan laut lainnya. Jadi, kecapnya juga memiliki aroma ikan yang cukup kuat. Kecap ikan sangat bermanfaat untuk memasak hidangan laut maupun Chinese food. Aroma masakan yang ditambahkan dengan kecap ikan ini biasanya jadi lebih harum dan rasanya pun jauh lebih gurih.

Kecap Inggris

Kalau Anda pernah menyantap “Udang Saus Inggris”, makanan tersebut dibuat dengan jenis kecap yang akan dibahas berikut ini. Ya, kecap Inggris atau yang juga dikenal dengan nama Worcestershire sauce adalah kecap dengan cita rasa yang asin dan aroma yang sangat wangi. Rasa kecap Inggris tidak seasin kecap asin kok. Bahan pembuatan kecap Inggris antara lain adalah gula jagung, molase, cuka, air, kecap asin, cabai, lada hitam, asam jawa, cengkeh, anchovy, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Banyaknya bahan-bahan yang digunakan inilah yang membuat kecap Inggris bisa menciptakan rasa dan aroma yang lebih mantap di setiap masakan.

Kecap Sambal

Penyuka makanan pedas pasti sudah familiar dengan jenis kecap yang satu ini. Ya, kecap sambal adalah perpaduan antara kecap manis dengan cabai rawit. Kecap ini menawarkan cita rasa manis pedas yang nikmat untuk disantap dengan berbagai macam lauk, baik itu ayam goreng, ikan bakar, sampai dengan tempe dan tahu goreng.

Berita Lainnya  Lima Buah dengan Betakaroten Tinggi

Kecap Jepang

Kalau Anda pernah berkunjung ke restoran Jepang, Anda pasti tahu di setiap meja selalu terdapat kecap khusus. Nah, kecap Jepang tersebut namanya shoyu. Kecap Jepang terbuat dari fermentasi gandum. Jika diperhatikan, ada dua jenis kecap Jepang, yang pertama adalah koikuchi yang warnanya pekat dan aromanya kuat, sedangkan yang kedua usukuchi yang rasa dan aromanya lebih ringan. Kecap Jepang ini biasa dimakan bersama dengan sushi atau sashimi. Bagi penyuka makanan pedas, kecap Jepang akan terasa semakin mantap jika ditambah dengan wasabi. Oh ya, kecap Jepang ini ada yang rasanya seperti kecap asin dan ada pula yang rasanya manis. Namun, keduanya sama-sama memiliki tekstur yang cair seperti kecap asin. Kecap Jepang bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah supermarket atau toko yang menjual produk-produk impor.

Kecap Jamur

Sebagian orang mungkin masih belum familiar dengan kecap jamur. Maklum, jenis kecap yang satu ini memang tidak terlalu sering dipakai untuk memasak sehari-hari. Lantas, apakah kecap jamur ini memang benar terbuat dari jamur? Kecap jamur juga terbuat dari kedelai hitam. Bahkan, tekstur dan rasa kecap jamur ini mirip sekali dengan kecap asin. Hanya saja, jenis kecap ini ditambahkan ekstrak jamur untuk memperkuat rasa. Ketika dipakai untuk memasak, kecap jamur ini akan menghasilkan cita rasa yang sedap.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler