fbpx
Connect with us

Info Ringan

Termurah se-Gunungkidul, Buat Mobil Lamamu Kimpling Layaknya Mobil Baru

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Tidak hanya orang saja yang perlu ke salon, akan tetapi mobil pun juga perlu dibawa ke salon untuk dilakukan perawatan. Dengan treatment terhadap body kendaraan, mesin, bahkan interiornya ini, bisa membuat kendaraan layaknya kendaraan baru. Di Gunungkidul sendiri, keberadaan salon mobil masih sangat jarang. Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis yang cukup prospektif. Sebab sekarang ini, banyak warga Gunungkidul yang memiliki mobil dari berbagai jenis yang wara-wiri di jalanan.

Peluang tersebut kemudian dibaca oleh salah seorang warga Padukuhan Munggi Pasar, Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu, Refa Isnandar (29). Sejak beberapa bulan ini, pemuda tersebut mulai merintis usaha salon mobil yang ia buka di depan rumahnya yang berada di belakang Kantor Kalurahan Semanu.

Salon mobil yang ia beri nama Adefa Auto Polish and Detailing ini menyediakan berbagai jenis perawatan mobil. Mobil lama yang body cat, mesin, dan interiornya sudah kusam dan tidak terawat, bisa ia sulap menjadi layaknya mobil baru yang mengkilat.

Memang dalam prakteknya, untuk bisa membuat mobil menjadi mengkilat ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Ada sekitar 3 sampai 4 tahapan dalam perawatan mobil untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Yang pertama adalah dilakukan pain correction yang berfungsi menghilangkan goresan-goresan atau baret halus dan jamur yang ada di body mobil. Pada tahapan ini bisa dilakukan berulang tergantung dengan kondisi cat yang ada.

“Penangananya sesuai dengan kondisi mobil bagaimana,” kata Refa.

Setelah selesai pada corretion, baru kemudian masuk pada tahapan lanjutan. Menurutnya, pada tahap awal tersebut sangat berpengaruh pada hasil akhir apakah maksimal atau tidak. Selanjutnya masuk pada tahapan polishing di mana bahan kimia dimanfaatkan untuk merawat body kendaraan tersebut.

Kemudian tahap terakhir yaitu finishing. Terdapat dua macam finishing agar body luar nampak benar-benar mengkilat layaknya mobil baru. Macamnya yaitu wax dan nano ceramik coating finishing.

“Kalau wax ini lebih ekonomis dibandingkan dengan nano ceramik. Kalau untuk kualitas, ya nano lebih melindungi,” paparnya.

Tak hanya body saja, dalam 1 paket juga dilakukan pembersihan interior. Seluruh komponen dalam mobil, termasuk kaca akan dibersihkan sehingga juga nampak baru. Begitu pula dengan mesin-mesin yang ada juga dipoles agar nampak lebih terawat.

Dengan perawatan semacam ini, menurut Refa, konsumen tidak perlu khawatir berkaitan dengan harga. Sebab salon mobil milik Refa ini mematok harga yang murah, bahkan bisa dibilang termurah di Gunungkidul dan Yogyakarta.

Untuk mobil kecil dengan perawatan wax hanya dibandrol dengan harga Rp 650.000, mobil ukuran sedang Rp 750.000, dan mobil ukuran besar seharga Rp 850.000. Kemudian untuk nano ceramic dibandrol Rp 1.500.000 sampai dengan Rp 2.500.000. Menurut Refa, harga yang sudah termurah ini juga masih bisa dinego. Pihaknya juga kerap memberikan diskon khusus bagi para pelanggan melalui laman IGnya, @adefa.auto. Sementara untuk reservasi bisa menghubungi nomor 081323784787.

“Pengerjaannya sekitar 2 sampai 3 hari. Jadi memang butuh waktu. Hasil ini awet sekitar 1 tahun asalkan kendaraan juga dirawat oleh pemiliknya,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler