fbpx
Connect with us

Politik

Momen Pasca Kampanye, Sambangi Nenek Jompo Untuk Berbagi Berkah

Diterbitkan

pada

BDG

Ponjong, (pidjar.com)-Bagaikan kejatuhan durian runtuh,  demikian yang dirasakan Mbah Tuyem 82, warga Padukuhan Plarung, Desa Sawahan,  Kecamatan Ponjong. Nenek renta sebatang kara ini mendapatkan kunjungan dari Benyamin Sudarmadi,  caleg Partai Nasdem untuk DPR RI nomor urut 8, Dapil DIY,  Kamis  (11/4/2019).

“Waduuh kerawuhan tamu agung,  monggo Pak saya tidak punya tempat layak untuk menjamu tamu, ” sambut Mbah Tuyem sembari mempersilahkan Benyamin duduk disela undakan pintu. 

Diketahui Mbah Tuyem tinggal sendirian dirumah reot berdinding bambu dan beralas tanah. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, dia mengandalkan belas kasih tetangga. Tidak pernah dia bisa menerima bantuan apapun dari pemerintah.

“Permasalahannya Mbah Tuyem ini tidak memiliki KTP dan KK,  sehingga sulit bagi kita untuk mengusulkan agar bisa mendapatkan bantuan, ” kata kepa Desa Sawahan Suprapto.

Pemerintah desa Sawahan,  sambung Suprapto,  sudah berupaya agar lansia jompo ini bisa memiliki KTP maupun KK. Namun entah kenapa yang bersangkutan tidak bersedia. Praktis akhirnya dia tidak bisa mendapatkan santunan dari pemerintah. Bahkan untuk urusan pemilu 17 April besok,  namanya tidak tercantum dalam DPT hingga tak bisa menyalurkan hak politiknya.

Berita Lainnya  Dugaan Penjegalan Calon Bupati Independen, Bawaslu Minta Pelapor Lengkapi Berkas

“Dan tidak hanya ini saja,  masih ada Mbok Jemuah yang tinggal di Padukuhan Sawur. Nasibnya sama persis dengan Mbah Tuyem ini. Mau tidak mau ya pemerintah desa dan warga sekitar yang akhirnya harus membantu, ” papar Suprapto. 

Sementara itu menurut Benyamin Sudarmadi, kunjungan terhadap Mbok Tuyem maupun beberapa warga miskin di Desa Sawahan adalah spontanitas selepas kampanye akbar Partai Nasdem di Lapangan Desa Sumbergiri. Begitu mendengar ada informasi lansia jompo yang tak menerima bantuan apapun dari pemerintah, dia tersentuh untuk sekedar menyantuni.

“Seusai kampanye barulah kita naik kesini untuk berbagi kepada Mbok Tuyem. Jangan pandang nilainya,  yang penting bermanfaat bagi sesama, ” jelas Benyamin.

Selain Mbok Tuyem,  Bos Bakmi Jawa ini juga mengirimkan bantuan kepada Mbah Jemuah dan warga kurang mampu di Desa Sawahan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler