fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mudahkan Masyarakat Terkait Adminduk, RS Nur Rohmah Jalin Kerjasama Dengan Dukcapil

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan ini juga dalam rangka mempermudah masyarakat di Gunungkidul agar tertib administrasi. Salah satu upaya Disdukcapil untuk mewujudkan tertib administrasi ini dengan menggandeng Rumah Sakit Nur Rohmah.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja mengatakan, saat ini rumah sakit yang berada di Kapanewon Playen tersebut sudah bisa melakukan pelayanan pembuatan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akte Kematian. Masyarakat yang sedang melahirkan atau bahkan keluarga yang meninggal dunia di Rumah Sakit ini bisa langsung mengurus dokumen.

“Harapan kami terwujudnya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Masyarakat bisa tertib dan cepat bisa segera terlaksana mendapatkan dokumen kependudukan,” papar Markus, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya, saat ini ketertiban administrasi masyarakat masih cukup minim. Seperti misalnya ia mencontohkan pengurusan dokumen kematian. Di Kabupaten Gunungkidul sendiri hanya sekitar 55% ahli waris yang menguruskan akta kematian.

“Rerata mereka yang misalnya meninggal dunia akibat kecelakaan, membutuhkan dokumen itu untuk jasa raharja. Selebihnya kesadarannya cukup rendah,” jelas Markus.

Padahal, untuk tertib administrasi ini menurut Markus merupakan sesuatu yang cukup sentral. Artinya agar tidak ada tumpang tindih data kependudukan.

“Termasuk agar masyarakat dalam mendapatkan haknya tidak salah sasaran,” imbuh dia.

Sementara itu, Direktur RS Nur Rohmah, Retno Handayani mengatakan, upaya ini agar masyarakat kian mudah dalam mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan. Terobosan ini menjadi salah satu fasilitas dari RS Nur Rohmah untuk masyarakat.

“Jadi pasien bisa lebih ringkes dalam mengurus dokumen, semua bisa terlayani di Rumah Sakit kami,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler