fbpx
Connect with us

Pariwisata

Nekat Tak Kenakan Masker di Kawasan Wisata Bakal Kena Sanksi

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Tim SAR Satlinmas wilayah I dan II melakukan razia masker kepada pengunjung pantai setiap hari Sabtu dan Minggu. Dimana, di hari tersebut banyak pengunjung dari berbagai daerah berlibur ke kasawasan pantai selatan. Dari operasi yang dilakukan sejak awal Agustus ini diketahui banyak wisatawan bandel malas memakai masker meskipun mereka membawa dari rumah.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I, Sunu Handoko mengatakan untuk di wilayahnya sendiri Pantai Wediombo dan Siung menjadi lokasi paling banyak dikunjungi wisatawan. Sejak awal Agustus ini pihaknya mulai rutin menggencarkan operasi masker kepada para wisatwan.

“Sebenarnya mereka membawa masker, tapi hanya dikantongi. Makanya kami ingatkan untuk selalu digunakan secara benar, karena masker bukan jimat yang dibawa di saku sudah bisa menangkal virus,” kata Sunu, Selasa (11/08/2020).

Sunu menambahkan, kebanyakan mereka yang bandel yakni pasangan muda mudi dan rombongan keluarga. Untuk anak-anak dan orang tua sendiri sekali ditegur kemudian mengenakan masker dengan benar sesuai penggunaannya.

Berita Lainnya  Lebih Berbahaya Lantaran Lebih Mudah Menular, 5 Kecamatan Ini Terbanyak Penderita TBC

“Kadang memang ada yang bandel, menolak himbauan kami. Tapi kami tidak bosan-bosan terus mengingatkan mereka,” kata dia.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menyampaikan hal yang tak jauh berbeda. Ia menambahkan bahwa razia ini  dilakukan sesuai intruksi dari Kasatpol PP terhadap seluruh petugas SAR Satlinmas seluruh DIY untuk melakukan razia masker. Untuk itu, pihaknya minimal dalam satu hari keliling sebanyak 2 kali untuk melakukan razia pengunjung.

“Kita keliling dua kali untuk melakukan razia pengunjung yang tidak menggunakan masker, sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ucap Marjono.

Dijelaskan pengunjung yang kedapatan tidak mengenakan masker akan dibawa ke Pos SAR untuk membuat surat pernyataan yang berisi akan menggunakan masker selama berkunjung. Diakuinya banyak pengunjung dan masyarakat yang tidak mengenakan masker, meski sebetulnya mereka membawa masker dari rumah.

Berita Lainnya  Berawal Dari Gadaikan BPKB, Damanhuri Bebaskan Warganya Dari Krisis Air

“Mereka itu sebenarnya membawa dari rumah, tetapi hanya dikantongi. Ketika petugas datang baru dipakai kembali,” ucap Marjono.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto menambahkan razia yang dilakukan pada hari Minggu (09/08/2020), pihaknya mengamankan 30 orang pengunjung yang kedapatan tidak menggunakan masker. Mereka disuruh menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi, dan dicatat pengenalnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler