fbpx
Connect with us

Sosial

Belum Ada Obat dan Vaksin untuk Covid-19, Ini Penjelasan Dinkes Soal Kesembuhan Pasien

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)--Sampai saat ini, vaksin maupun obat untuk covid-19 belum juga ditemukan. Namun begitu rasio kesumbuhan pasien terkonfirmasi positif covid19 di Gunungkidul cukup tinggi. Adapun faktor kesembuhan tersebut tergantung dengan tingkat daya tahan tubuh pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, kesembuhan pasien ini berkaitan dengan daya tahan tubuh masing-masing pasien. Rerata pasien covid-19 di Gunungkidul sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu saja.

“Meski ada sebagian kecil yang proses kesembuhannya cukup lama,” jelas Dewi, Sabtu (08/08/2020).

Ia menjelaskan, imunitas yang baik menyebabkan kesembuhan pasien menjadi lebih cepat. Adapun cara meningkatkannya adalah dengan menjaga asupan gizi hingga mengatur manajemen stres.

Berita Lainnya  Cegah Penerima Bantuan Salah Sasaran, Pemerintah Perpanjang Waktu Verifikasi

“Tentunya protokol kesehatan jadi hal wajib, ditambah olahraga teratur. Itu yang membuat imunitasnya bertahan dengan baik,” jelasnya.

Meski imunitas sudah baik, Dinkes tetap menganjurkan agar protokol kesehatan dasar seperti masker, cuci tangan dan jaga jarak tetap dijalankan. Sebab pencegahannya berawal dari situ.

“Ada satu keluarga di mana beberapa anggotanya dinyatakan positif, tapi ternyata ada satu orang yang dinyatakan negatif, meski tinggal dalam satu rumah,” papar Dewi.

Menurutnya imunitas bisa dikatakan nomor dua. Tentu saja yang paling utama ialah penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan.

Terpisah, Direktur RSUD Wonosari Heru Sulistiyowati mengatakan, dalam proses pengobatan setiap pasien berbeda. Hal tersebut dikarenakan gejala awal maupun keluhan kadang berbeda sehingga dalam penanganan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

“Tapi bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) penanganan difokuskan pada peningkatan daya tahan tubuh,” imbuh Heru.

Kepada  OTG sendiri pihaknya memberikan makanan bergizi lengkap. Selain itu juga diberikan pula vitamin untuk meningkatkan imunitas pasien.

Berita Lainnya  Kabar Hoax Pemutihan Perpanjangan SIM Beredar, Polres Gunungkidul Dibanjiri Warga

“Mereka juga diarahkan untuk istirahat yang cukup,” tandasnya.

Hingga Jumat (07/08/2020) kemarin, total pasien terkonfirmasi ialah 122 kasus. Dari jumlah tersebut, 95 orang dinyatakan sembuh, 24 dirawat dan meninggal dunia tiga orang.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler