fbpx
Connect with us

Peristiwa

Nelayan Gunungkidul Panen Ikan Layur

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar.com)–Kawasan laut selatan Gunungkidul saat ini tengah memasuki musim panen ikan layur. Hal ini menjadi berkah bagi para nelayan, pasalnya ikan layur yang berhasil ditangkap kebanyakan berkualitas tinggi sehingga masuk kelas ekspor.

Petugas timbang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Drini, Budi mengatakan bahwa sejak beberapa minggu terakhir ini nelayan kerap mendapatkan tangkapan ikan layur. Bahkan dalam satu hari, setiap nelayan mampu menjual 1 kwintal ikan layur.

“Biasanya musim seperti ini akan berakhir beberapa hari kedepan. Memang kemarin-kemarin tangkapan ikan layur cukup banyak, belum jenis ikan lainnya,” terang Budi.

Ia menjelaskan, tangkapan ikan layur dari nelayan Gunungkidul biasanya dikirim ke Cilacap, Jawa Tengah. Sesampainya disana, ikan kemudian diseleksi untuk dipasarkan ke luar negeri dan di dalam negeri. Untuk harga, layur hitam Rp 20 ribu, Kuning Rp 27 ribu dan kecil Rp 12 ribu.

Budi mengatakan, ada belasan nelayan setiap hari mencari ikan di kawasan pantai selatan Gunungkidul yang bersandar di Pantai Drini. Untuk beberapa hari terakhir, selain ikan bawal, juga ikan lainnya didapatkan para nelayan.

Berita Lainnya  Pelajar Ngebut Terlibat Kecelakaan, Satu Korban Wanita Luka Parah

Banyaknya ikan layur juga dimanfaatkan oleh para pemancing tebing di sejumlah pantai di selatan Gunungkidul. Pasalnya ikan dengan ciri tubuh pipih dan panjang itu memiliki sensasi sambaran yang disukai para pemancing.

“Biasanya sore mulai mancing dari tebing parang racuk, untuk ikan layur kita menggunakan umpan ikan teri atau tongkol,” kata salah seorang pemancing, Heri warga Mulo, Wonosari.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, kalau kondisi gelombang dan angin saat ini memang tengah bersahabat. Sehingga nelayan bisa melakukan aktivitas menangkap ikan dengan maksimal. Pihaknya tetap mengimbau kepada nelayan untuk tetap menggunakan pelampung.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler