fbpx
Connect with us

Pariwisata

Pantai Timang Digandrungi Wisatawan Malaysia, Dinas Siapkan Paket Wisata Khusus

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kabupaten Gunungkidul selama ini sangat terkenal dengan pariwisata pantainya. Dengan puluhan kilometer bentang alam pantai yang menghampar di kawasan selatan, tentunya menyuguhkan beragam tipe pantai yang bisa dinikmati oleh wisatawan sesuai selera. Suguhan sensasi liburan alam pantai yang beragam ini membuat kawasan Gunungkidul terus dipadati oleh wisatawan, khususnya pada saat musim liburan.

Tak hanya wisatawan lokal, namun ternyata tak sedikit wisatawan mancanegara yang berminat untuk mengunjungi pantai di Gunungkidul. Salah satu pantai yang paling diminati oleh wisatawan mancanegara adalah Pantai Timang. Pantai yang menawarkan sensasi naik gondola untuk menyebrang ke pulau yang lain memang menjadi paling banyak diburu wisatawan mancanegara selama ini.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengatakan selama ini wisatawan mancanegara yang Gunungkidul memang lebih memilih Pantai Timang. Berdasarkan pengamatan pihaknya, wisatawan asal Malaysia selama ini masih mendominasi kunjungan ke pantai Timang. Menurutnya, dengan tingkat minat yang sangat tinggi ini, perlu adanya perhatian khusus dari seluruh dtakholder pariwisata. Hal ini dikarenakan, wisatawan mancanegara tersebut belum memiliki alternatif lain yang diminati selain Pantai Timang.

“Wisatawan yang datang ke Pantai Timang memang didominasi wisatawan asal Malaysia,” ucapnya, Senin (09/09/2019) siang.

Berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, wisatawan Malaysia sangat dominan dengan tingkat kunjungan 70% diantara wisatawan mancanegara yang datang ke Pantai Timang. Pantai Timang sendiri memang memiliki segmen khusus yakni wisatawan mancanegara. Biaya yang cukup tinggi membuat hanya kalangan tertentu saja yang memiliki minat berkunjung ke Pantai Timang. Sedangkan untuk wisatawan lokal, banyak yang berpikir dua kali untuk berkunjung ke pantai ini.

Berita Lainnya  Tanda Tangan Elektronik Mulai Diterapkan, Pengurusan Dua Dokumen Kini Lebih Efisien

Hanya saja kelemahan yang masih dialami oleh pengelola wisata di kabupaten Gunungkidul adalah minimnya lama tinggal wisatawan di wilayah ini. Yang mengakui belum ada ada paket wisata khusus yang ditawarkan oleh para pelaku wisata untuk memperpanjang lama tinggal wisatawan mancanegara tersebut di Gunungkidul. Para wisatawan mancanegara ini hanya sekedar datang ke obyek wisata pilihannya, dan kemudian pergi setelah selesai berkunjung.

Oleh karenanya, untuk terus menggenjot potensi ini, Dinas Pariwisata DIY kini tengah mempersiapkan dan menggagas paket wisata yang bisa diminati oleh wisatawan agar lama tinggal lebih panjang di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya. Dinas Pariwisata sendiri kini tengah berupaya mewujudkan destinasi wisata baru di wilayah Dlingo kabupaten Bantul.

Berita Lainnya  Viralnya Video Asusila Berbuntut Panjang, Pelajar Diusulkan Dilarang Bawa HP ke Sekolah

“Kita juga tengah mencoba mewujudkan paket wisata glamour camping seperti yang dimiliki oleh badan Otorita Borobudur yang ada di Purworejo,”tambahnya.

Pihaknya berharap dengan adanya paket wisata glamping tersebut, akan menambah lama tinggal wisatawan di wilayah Gunungkidul dan kabupaten Bantul. Sehingga multiplayer effect dari wisatawan tersebut akan semakin banyak dirasakan oleh masyarakat di 2 Kabupaten ini.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler