fbpx
Connect with us

Info Ringan

Pemenang Telah Terpilih, Duta Arsip DIY 2022 Siap Emban Tugas

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Pengumuman pemenang Pemilihan Duta Arsip DIY 2022 diadakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY pada Rabu 6 Juli 2022. Lima dewan juri terdiri Lusy Laksita, Latief Noor Rochmans, Irfan Rizky Darajat, Bunda Cinta, dan Muslichah, sepakat memilih Nur Anisa sebagai peserta terbaik. Duta arsip terpilih diharapkan berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kearsipan.

Adapun lima Duta Arsip terpilih yaitu Juara 1 atas nama Nur Anisa Triyana, Juara 2 Cantik Anjani, Juara 3 Phisca Aditya Rosyady, Juara Harapan 1 Rahayu Nur Hayati, dan Juara Harapan 2 atas nama Prima Aida. Di sela-sela pengumuman, digelar pula sharing session tentang kearsipan dan tour de arsip di Kompleks Perpustakaan Daerah.

Berita Lainnya  ARTOTEL Suites Bianti Yogyakarta Gelar Art Performances 11 Seniman Yogyakarta

Kepala DPAD DIY, Monica Nur Lastiyani, menjelaskan apabila penganugerahan Duta Arsip DIY telah melalui proses seleksi yang panjang. Pemilihan Duta Arip merupakan pertama kalinya digelar. Ada sejumlah kriteria yang perlu dimiliki calon Duta Arsip. Beliau pun menyampaikan harapan agar bagi siapapun Duta Arsip terpilih dapat berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya arsip di masyarakat. Duta ini sekaligus akan menjadi perpanjangan tangan dari DPAD DIY. Oleh karena itu, mereka yang terpilih akan banyak dilibatkan dalam kegiatan kearsipan.

“Siapa pun yang menjadi Duta Arsip terpilih, kami berharap bisa memainkan peran saat kami diberikan tanggung jawab, termasuk mengambil peluang dan kesempatan. Kami berpikir bahwa duta itu menjadi duta ujung tombaknya bagaimana menyampaikan sebuah visi, misi program kegiatan terkait kearsipan,” ujar Monica.

Adapun sambutan dari Budi Santoso selaku Sub Koordinator Jabatan Fungsional Kelompok Substansi Layanan Arsip DPAD DIY,

Berita Lainnya  Mencicipi Ulat Jedung, Berbentuk Menjijikan Namun Memiliki Rasa Kelezatan Tiada Tara

“Proses seleksi Duta Arsip diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di DIY. Proses selanjutnya berupa seleksi administrasi melalui berkas dan karya yang telah dikirimkan ke panitia. Kemudian terpilih 10 finalis yang selanjutnya diseleksi secara langsung lewat wawancara oleh dewan juri terdiri atas lima orang.”

Salah satu duta arsip terpilih, Nur Anisa Triyana, menyatakan kesiapannya membantu DPAD DIY dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kearsipan. “Melalui amanah yang diberikan ini kami akan berusaha untuk berkontribusi dengan memberikan edukasi ke masyarakat,” katanya

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler