fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh  Hal yang Menyebabkan Rambut Rontok

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kerontokan rambut merupakan kejadian yang sangat wajar. Apakah Anda tahu bahwa 80 helai rambut rontok dari kulit kepala  setiap harinya? Bila Anda merasa bahwa jumlah rambutmu yang rontok melebihi 100 helai setiap hari. Faktanya adalah, ada banyak penyebab di balik kerontokan rambut. Menurut spesialis rambut Anabel Kingsley yang bekerja di Philip Kingsley Clinic di London, “Riset membuktikan bahwa 1 dari 3 wanita mengalami kerontokan rambut atau hilangnya volume rambut”. Bila rambut sedang rontok, jangan panik, karena stres dapat memperburuk kondisi tersebu. Nah berikut tujuh pemicu penyebab kerontokan rambut yang dilansir dari cosmopolitan.com!

  1. Ketidakseimbangan Hormon

Jangan menganggap sepele kondisi ini, karena ketidakseimbangan hormon bisa menimbulkan masalah kesehatan dan kecantikan kulit, mulai dari jerawat, kenaikan berat badan, hingga kerontokan rambut. Hormon memegang peran yang sangat penting dalam melancarkan pertumbuhan rambut. Estrogen (hormon wanita) dapat menjaga rambut agar terus bertumbuh, sedangkan androgen (hormon pria) dapat mempersingkat hair growth cycle. Saat tubuhmu mengandung kelebihan androgen, rambut pun akan rontok, apalagi jika Anda memiliki folikel rambut yang sensitif.

  1. Stres
Berita Lainnya  Mengenal Sosok Suharyanto, Raja Modifikator Gunungkidul Yang Sulap Mobil Biasa Serasa Super Car

Stres berlebihan dapat meningkatkan hormon androgen yang mengakibatkan kerontokan rambut. Stres juga dapat memicu masalah kulit kepala seperti ketombe, merusak nafsu makan, dan menghambat sistem pencernaan. Semua bisa berdampak buruk terhadap rambut Anda.

  1. Kekurangan Zat Besi

Salah satu penyebab kerontokan rambut yang paling umum adalah kekurangan zat besi atau sel darah merah. Zat besi diperlukan tubuh untuk memproduksi sel protein rambut, maka tanpanya, rambut Anda akan menderita.

  1. Hipotiroid / Hipertiroid

Kelenjar tiroid membantu mengatur metabolisme tubuh dengan mengontrol produksi protein dan lain-lain. Ketidakseimbangan yang dialami tiroid dapat memberikan dampak buruk terhadap folikel rambut. Ditambah lagi, hipotiroid yang tidak diobati dapat mengakibatkan anemia atau kekurangan sel darah merah yang membuat rambut rontok atau sulit tumbuh.

5.Kekurangan Vitamin B12

Kerontokan rambut seringkali menjadi indikasi pertama bahwa tubuhmu sedang kekurangan nutrisi. Contohnya, saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B12 yang hanya didapat dari protein binatang, Anda akan sering merasa tidak berenergi dan mudah lelah. Selain itu, rambut juga bisa rontok karena kekurangan B12 dapat mempengaruhi kesehatan sel darah merah.

  1. Penurunan Berat Badan
Berita Lainnya  Lahir Tanpa Bulu, 2 Anak Kambing Milik Wasdi Jadi Tontonan Warga

Penurunan berat badan drastis yang diakibatkan oleh diet yang tidak sehat atau sakit dapat mempengaruhi kesehatan rambut juga, lho. 6-12 minggu setelah penurunan berat badan drastis, rambut Anda juga akan rontok.

  1. Usia

Bila Anda sudah mendekati usia menopause atau mati haid, perubahan yang dialami tubuhmu dapat mempengaruhi rambut juga. Lagipula, semakin tua usia, rambut juga akan menipis secara alami. Itu normal. Kerontokan rambut tidak terjadi begitu saja. Pertumbuhan rambut Anda mengikuti sebuah siklus, maka kerontokan rambut bisa berlangsung selama 3 bulan bila ada pemicunya. Jika rambut Anda sudah rontok selama lebih dari 3 bulan, kunjungi spesialis di klinik trikologi untuk menemukan pemicu di balik kondisi ini. Jangan paik, karena rambut akan kembali bertumbuh dengan normal dengan sendirinya saat tubuh sudah sehat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler