fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Minta Pembangunan Pasar Semanu Selesai Sesuai Jadwal

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul saat ini tengah mengebut proses revitalisasi Pasar Munggi, Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu. Proyek senilai Rp 2,1 M yang berasal dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diharapkan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Sub Bagian Administrasi Pembangunan Pemkab Gununubgkidul, Eko Nur Cahyo mengatakan, pembangunan pasar tradisional ini dijadwalkan hanya dalam 65 hari kalender terhitung sejak 19 Oktober 2020 lalu. Padahal pembangunan berupa pondasi baru saja selesai.

“Anggaran dari pusat jadi memang harus selesai tepat waktu tidak boleh melewati tahun anggran,” jelas Eko, Senin (02/11/2020).

Eko menambahkan, sebetulnya untuk revitalisasi Pasar Munggi ini sudah dianggarkan sejak awal tahun. Namun karena pandemi covid-19 dan sejumlah refocusing anggaran maka pencairan anggaran agak tersendat.

“Jadi cairnya baru Oktober kemarin sehingga mau gak mau harus dikebut,” imbuh Eko.

Untuk mengejar target, pihaknya intens melakukan monitoring dan evaluasi. Adapun monitoring dan evaluasi sendiri dilakukan setiap dua minggu sekali.

“Jika tidak tepat waktu ya disanksi, ada kok di kontraknya apa apa saja nanti sanksinya,” ucap dia.

Ia menambahkan, untuk revitalisasi Pasar Munggi ini dilaksanakan oleh PT Wahyu Kusuma Jati Pratama. Sedangkan Konsultan Pelaksana dikerjakan oleh CV Cakrandi Pratama kemudian untuk Konsultan Pengawas dilakukan oleh CV Arsilon.

Terpisah, Kepala Bidang Pasar Disperindag Gunungkidul, Ari Setiawan mengatakan kendati proses pembangunan begitu cepat namun ia optimis pelaksanaan tetap selesai tepat waktu. Untuk mendukung proses ini pihaknya terus melakukan pengawasan dalam proses pembangunan.

“Setiap minggu kedua awal bulan kami terus melaksanakan monitoring. Tanggal 31 Oktober kemarin sudah sampai pondasi,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler