fbpx
Connect with us

Peristiwa

Petugas KPPS di TPS Sambirejo Meninggal Mendadak Saat Bertugas

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar.com)–Seorang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sudah mempersiapkan diri untuk bertugas dalam gelaran pesta demokrasi justru harus terhenti di jam-jam terakhir menjelang pemungutan suara. Gunawan (50), warga Padukuhan Sambirejo, Desa Semanu, Kecamatan Semanu dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (17/04/2019) pagi tadi lantaran sakit yang ia derita. Padahal sejumlah persiapan untuk ikut menyemarakkan pesta demokrasi telah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Kepala Dukuh Sambirejo, Wiyono mengungkapkan Gunawan merupakan salah seorang petugas KPPS di tempat pemungutan suara (TPS) 04 Padukuhan Sambirejo. Pada Selasa (16/04/2019) malam, sebenarnya Gunawan bersama sejumlah petugas KPPS lain masih beraktifitas di sekitar TPS tempatnya bertugas. Namun ternyata kondisi tubuh pria yang juga menjabat sebagai BPD Desa Semanu itu justru ambruk. Melihat hal tersebut, rekan-rekan korban serta warga setempat kemudian membawanya ke Rumah Sakit Pelita Husada untuk mendapatkan penanganan medis.

Berita Lainnya  Ngamar Bersama Pria Lain, Wanita Muda Digerebek Suami

“Kondisinya pingsan tidak sadar kemudian dari Pelita dirujuk ke RSUD Wonosari untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” terang Wiyono, Rabu siang.

Sayangnya, meski telah mendapatkan penanganan medis, kondisi Gunawan tidak kunjung membaik. Kondisi tubuhnya terus menurun hingga pada Rabu (17/04/2019) pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB, ia dinyatakan meninggal dunia oleh tim dokter. Duka mendalam pun dirasakan oleh keluarga dan rekan-rekannya. Semangatnya dalam ikut mensukseskan pesta demokrasi justru harus terhenti tepat di tanggal pemungutan suara.

Meninggalnya secara mendadak Gunawan membuat para petugas TPS 04 tak sempat mengambil langkah antisipasi sehingga harus bertugas dengan personel tersisa. Dari petugas setempat pun telah melaporkan kejadian tersebut ke KPU. Namun lantaran sesuai prosedur ketugasan Gunawan pun tidak bisa digantikan, sehingga mereka yang bertugas hanyalah petugas lain yang telah dilantik. Jika harus mengganti pun prosesnya cukup panjang, perlu ada Surat Keputusan maupun pengangkatan ulang.

Berita Lainnya  Lima Hari Operasi Keselamatan Progo, Lima Laka Lantas Terjadi di Gunungkidul

“Waktunya sudah mepet, jadi ya hanya berapa anggota yang ada. Ini saya kebetuln wira wiri ke TPS dan ke sripahan,” imbuh dia.

Belum diketahui secara pasti sakit yang diderita oleh Gunawan. Namun memang selama beberapa pekan terakhir, ia yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat sering mengeluhkan sakit di bagian tubuh dan kakinya. Bahkan saat beberapa waktu lalu ada rapat pun kondisiya terus drop. Beberapa kali pula Gunawan dirawat di rumah sakit.

Sementara itu, Panwascam Semanu, Yudha mengungkapkan meski terdapat salah seorang petugas KPPS yang meninggal namun jalannya pemungutan suara di TPS 04 Padukuhan Sambirejo berjalan lancar. Walau demikian, secara ketugasan yang bersangkutan tidak bisa digantikan. Sejauh ini, menurut Yudha pemungutan suara di Kecamatan Semanu tidak ada kendala yang dihadapi.

Berita Lainnya  Polisi Operasi Khusus Motor Berknalpot Blombongan, Belasan Pelanggar Telah Ditilang

“Semalam dapet kabar kalau memang kondisi salah seorang KPPS memburuk. Kalau informasi yang saya dapat karena ada gejala stroke semalam langsung terkondisikan. Namun untuk ketugasan memang tidak bisa digantikan, ini kami pantau terus bagaimana perkembangan kondusifitas atau permasalahan yang dihadapi oleh petugas di lapangan,” ujarnya.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler