fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hati-hati Ada Gelombang Setinggi 4,5 Meter di Pantai Selatan

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar.com)–Gelombang tinggi diperkirakan kembali akan terjadi di kawawan pesisir Pantai Selatan Jawa dalam minggu ini. Untuk itu, warga disekitaran pantai maupun wisatawan dihimbau untuk waspada dan berhati-hati terkait gelombang pasang itu.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, ketinggian gelombang diprediksi akan menerjang kawasan pantai selatan mulai Rabu (17/04/2019) hingga Senin (22/04/2019). Ketinggian gelombang pasang diperkirakan berkisar 4 sampai 4,5 meter.

“Hasil dari situs pemantau prakiraan cuaca menyebutkan di Pantai Selatan Jawa akan ada gelombang tinggi. Untuk tanggal 17 diprediksi ketinggian gelombang mencapai empat meter, sedang tanggal 19 mencapai 4,5 meter,” kata Marjono, Senin (15/04/2019).

Marjono menjelaskan, fenomena seperti itu merupakan hal yang wajar, sebab terjadi hampir disetiap tahunnya. Namun begitu, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan melakukan upaya antisipasi sedini mungkin.

“Kita himbau kepada nelayan, pedagang ataupun pengunjung tetap berhati-hati sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama gelombang pasang terjadi,” ucap dia.

Ia menambahkan, jika prediksi benar terjadi tentu pihaknya akan bekerja keras sebab 17 April nanti merupakan hari libur. Sehingga jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Berita Lainnya  Jelang Hari Raya Natal, Tim Gegana Periksa Gereja Besar di Gunungkidul

“Meski bertepatan dengan pemilu, kami akan terus mengawasi, tapi agar maksimal harus ada partisipasi dari masyarakat sehingga potensi gelombang tinggi tidak menimbulkan dampak kerugian,” ujarnya.

Saat ini, SAR tak henti-hentinya menyampaikan pesan tersebut kepada masyarkat di kawasan pantai agar lebih berhati-hati dan waspada terkait dengan ancaman tersebut. Ia juga berharap, gelombang tinggi tidak dibarengi dengan puncak pasang air laut.

“Kita berharap tidak menyebabkan kerusakan yang terlalu besar,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Surisdiyanto mengungkapkan, pihaknya akan terus siaga untuk mengamankan kawasan pantai sehingga ancaman tersebut tidak menimbulkan dampak yang merusak. Untuk saat ini kondisi di pesisir masih landai. Pasalnya, prediksi gelombang tinggi terjadi pada Rabu besok hingga lima hari berikutnya.

Berita Lainnya  Identifikasi Penemuan Mayat Banyusoca Masih Gelap, Polisi Fokus ke Luka Sayat di Leher

“Ini masih bersifat prediksi, tapi kami minta kepada nelayan, pedagang maupun pengunjung untuk berhati-hati,” kata Suris.

Guna mengurangi risiko, petugas dan relawan akan terus melakukan pemantuaan. Ia pun meminta kepada pengunjung untuk tidak bermain ke daerah rawan sehingga tidak menjadi korban kecelakaan laut.

“Pemantauan akan terus kami lakukan, jika ada pengujung yang bermain di area berbahya pasti akan kami ingatkan agar menjauh,” ungkapnya

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler