fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Proyek Alun-alun Wonosari Berlanjut, DLH Siapkan Dana Ratusan Juta 

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali menganggarkan dana untuk penataan kawasan Alun-alun Wonosari. Anggaran ratusan juta rupiah dipersiapkan untuk kegiatan ini.

Kepala DLH Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, tahun ini pemerintah kembali menganggarkan dana untuk penataaan kawasan Alun-alun Wonosari. Dimana fokus pengerjaan tahun ini adalah untuk laveling di alun-alun agar ketinggian tanah sama rata.

“Pengerjaan tahun kemarin masih dilanjutkan untuk tahun ini. Fokus utama pengerjaan adalah laveling,” kata Hary Sukmono, Selasa (07/03/2023).

Sebab saat ini kondisi tanah di alun-alun ada perbedaan sekitar 70 centimeter (cm) sampai dengan 100 cm. Dengan laveling yang dimaksud nantinya ketinggian  sisi barat dan timur sama rata.

Dijelaskan untuk pengerjaan tersebut, pemerintah menyadiakan anggaran sebesar Rp 728 juta. Untuk saat ini dokumen yang diusulkan oleh DLH masih dalam proses review oleh Irda Gunungkidul. Jika nantinya review selesai akan ditindaklanjuti dengan tahapan lain.

Berita Lainnya  RS Rujukan Covid-19 Nyaris Penuh, Dinas Siapkan RS Swasta

“Targetnya akhir bulan ini sudah masuk pada lelang kemudian maksimal bilan Juli pengerjaannya sudah selesai,” jelasnya.

Program penataan kawasan Alun-alun Wonosari ini masuk dalam salah satu 10 program strategis Bupati Gunungkidul. Yang mana selain dilakukan penataan pada 2022, 2023 dan akan dilanjutkan pada tahun 2024 mendatang.

Ia mengatakan, untuk penataan kawasan alun-alun ini sama sekali tidak menyentuh pohon beringin yang ada. Hanya memamg pagar melingkar pada pohon ini dibobgkar karena selama ini justru digunakan untuk membuang sampah orang tidak bertanggung jawab.

“Untuk tahun depan diupayakan berlanjut agar Alun-alun Wonosari lebih tertata kembali dan enak dipandang dari segala sisi,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler