fbpx
Connect with us

Sosial

Ratusan Kera di Kawasan Konservasi Paliyan Terdampak Kekeringan

Diterbitkan

pada

BDG

Paliyan,(pidjar.com)–Ratusan kera di sekitar kawasan konservasi Paliyan terdampak kekeringan. Pasalnya cadangan air di dua telaga kawasan Suaka Margastwa Paliyan ini mengering. Terpaksa petugas rutin menyediakan air yang diletakkan dalam ember.

Penanggungjawab proyek kerjasama Mitsui Sumitomo Insurance Group (MSIG) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Gunawan Setiaji, hampir setiap hari pihaknya menyediakan puluhan ember yang disediakan untuk minum kera. Jika ini tidak dilakukan kelangsungan lima koloni kera terancam.

Lebih dari 5 koloni kera itu ada 500-an ekor, tapi habitatnya masih banyak yang tersebar di sekitar Suaka Margastawa Paliyan,” jelas Gunawan, Minggu (30/08/2020).

Untuk itu, guna menjga keseimbangan ekonositem termasuk kelangsungan hidup kera, pihaknya juga telah menanam ribuan buah. Upaya ini dilakukan agar lahan pertanian warga tidak terancam.

Memang kebetulan lahan SM kan bersebelahan dengan lahan petani, kami juga sering melakukan komunikasi kepada petani untuk memiliki kesadaran bersedia berbagai sumber bahan pangan,” jelas Gunawan.

Sejauh ini, lanjut Gunawan, populasi kera ekor panjang masih cukup stabil. Belum ada lonjakan populasi yang signifikan maupun penurunan yang tajam.

Berita Lainnya  Pasca Pilur Panas Sawahan, Masyarakat Diminta Kembali Bersatu

Populasinya tersebar,” ujarnya.

Para kera setiap harinya meminum air di ember-ember yang telah di sediakan. Waktunya pun beragam. Namun pihaknya setiap harinya selalu melakukan kontrol ketersediaan air.

Untuk makan ya makan buah-buahan yang kita tanam,” papar dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler