fbpx
Connect with us

Sosial

Membanggakan, Kalurahan Banaran Dinobatkan Sebagai Forum Anak Desa Terbaik

Diterbitkan

pada

BDG

Playen,(pidjar.com)–Sesuai dengan arahan dan program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk melakukan pemenuhan hak-hak anak, pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus mendorong masyarakat dalam memberikan arahan dan pengetahuan bagi anak. Sebagai contoh, di tingkat kalurahan (desa) beberapa tahun terakhir mulai dikembangkan forum anak.

Dengan forum semacam ini, diharapkan anak dapat berinteraksi dengan mereka yang sesuai usianya. Kemudian mereka juga dapat mengembangkan ide dan kreatifitas serta mendapatkan pengalaman yang lebih lagi. Forum desa anak yang belakangan menjadi percontohan yakni forum anak desa di Kalurahan Banaran, Kapanewon Playen.

Forum ini telah terbentuk sejak 2016 lalu, pemerintah kalurahan dan masyarakat bersinergi dalam pemenuhan hak dan kewajiban. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan juga melibatkan anak untuk memberikan edukasi ini, bahkan dalam DAFA Award beberapa hari lalu, Banaran mendapat penghargaan sebagai Forum Anak Desa Terbaik.

Berita Lainnya  Rutin Mengangsur, Korban Bank Plecit Ini Masih Diminta Bayar Puluhan Juta Untuk Tebus Sertifikat Tanahnya

Carik Banaran, Andi Setiawan mengatakan, untuk terus mengembangkan forum anak menjadi lebih baik memang tidak mudah. Membutuhkan komitmen yang luar biasa untuk mendukung program ini. Ada beragam kegiatan yang diberikan secara rutin, sehingga anak memiliki ruang gerak tersendiri untuk mendapatkan yang mereka mau.

Kita ada beragam kegiatan. Forum kami ini sudah terbentuk sejak 2016 lalu,”kata Andi Setiawan, Minggu (30/08/2020).

Adapun yang terus dikembangkan oleh kalurahan ini dalam memperhatikan anak-anak yakni diadakan belajar sambil bermain misalnya mengenal keberagaman yang ada di sekitar, bekerjasama dengan perpustakaan keliling untuk anak gemar membaca. Kemudian memberikan waktu kepada anak agar bermain semau mereka tanpa menggunakan gadget yang mereka miliki.

Berita Lainnya  Duka Cita Terdalam Dari Siswa SMPN Tepus Untuk Para Pramuka Korban Susur Sungai

Bermain tanpa gadget itu sangat penting mengurangi ketergantungan mereka. Kita juga sering ada kegiatan yang juga mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional. Jadi anak-anak lebih tahu mainan tradisional,”tambahnya.

Forum untuk anak ini dibentuk juga sebagai langkah pemerintah mengantisipasi terjadinya kekerasan terhadap anak. Tak jarang di Gunungkidul masih sering ditemukan adanya kekerasan verbal, seksual dan lainnya yang dihadapi oleh anak-anak. Pendampingan juga diberikan dengan menggandeng lembaga khusus ataupun dari pemerintah.

Pemenuhan hak anak juga dikampanyekan. Selain itu kita juga sering ikut kegiatan di luar,” imbuh dia.

Untuk bidang lainnya, anak juga diajarkan mengenai program pemilu anak. Dengan begitu anak susah ada gambaran bagaiaman berdemokrasi yang baik. Mengingat nantinya mereka lah yang mrnjadi generasi penerus.

Berita Lainnya  Tak Hanya Anjing, Ratusan Hewan Peliharaan di Gunungkidul Disuntik Vaksin Rabies

Untuk penghargaan sendiri Alhamdulillah kita dapat pada Kategori Forum Anak Desa Terbaik. Pencapaian yang tidak mudah, ini menjadi tantangan terssndiri di mana kegiatan diupayakan tetap berjalan tapi tetap sesuai dengan protokil kesehatan,” papar Andi.

“Kalau untuk evaluasi dan inovasi itu terus dilakukan agar anak lebih aktif dan tertarik,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler