fbpx
Connect with us

Peristiwa

Rawan Kejahatan Jalanan, Polisi Ajak Orangtua Pantau Anak

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Jajaran kepolisian mengintensifkan patroli malam di bulan Ramadhan ini. Sejumlah titik menjadi sasaran patroli untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan, balap liar, perang sarung, perang petasan hingga pencurian.

Di beberapa daerah, perang sarung sedang menjadi tren yang dilakukan oleh kelompok remaja menjelang sahur maupun setelah shalat tarawih. Di Kabupaten Gunungkidul sendiri, aksi semacam itu juga sudah terjadi. Dua pekan di bulan Ramadan ini, petugas telah mendapatkan 2 kali aduan adanya perang sarung yang dilakukan oleh kelompok remaja.

Langkah dan tindakan tegas kemudian dilakukan oleh petugas kepolisian, para pelajar yang nyaris melakukan perang sarung kemudian diamankan di Mapolres Gunungkidul untuk dilakukan pembinaan. Patroli malam pun kian diintensifkan oleh jajaran kepolisian untuk menciptakan kondisi daerah yang aman dan tentram.

Berita Lainnya  Panas di Watukodok, Warga dan Panitikismo Rebutan Bukit

Kasi Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suranto mengatakan, setiap malam jajaran dari Polres dan Polsek melakukan patroli malam, utamanya di lokasi-lokasi yang sepi dan sering digunakan untuk berkumpul. Selain perang sarung kejahatan jalanan juga oatut diwaspadai.

“Setelah tarawih dan menjelang sahur anggota diminta untuk patroli di wilayah hukum masing-masing,” papar dia.

Selain kejahatan tersebut, berkaca pada kejadian di tahun-tahun sebelumnya, balap liar juga patut diwaspadai. Kondisi jalanan di beberapa kapanewon yang tergolong baru dan masih mulus sering kali digunakan untuk balap liar saat menjelang sahur ataupun setelah sahur.

“Untuk balap liar di wilayah Gunungkidul saat ini nihil. Namun antisipasi tetap dilaksanakan dengan patroli semua jajaran, patroli-patroli di lokasi yang biasanya digunakan untuk balap liar juga tetap dilakukan,” ujar Iptu Suranto.

Berita Lainnya  Diduga Terpleset dan Tenggelam Saat Menarik Jaring Krendet, Nelayan Hilang di Pantai Grigak

Sabtu malam kemarin, selain Kapolres Gunungkidul beserta jajarannya patroli malam menjelang sahur dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, adapun penyisiran patroli di wilayah kota Wonosari, wilayah Playen hingga Kapanewon Patuk. Sedangkan untuk wilayah-wilayah perbatasan diserahkan ke Polsek untuk patroli setiap malamnya.

“Patroli malam ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan puasa,” ujar Kapolda.

Selain dari petugas, Kapolda juga berharap dukungan masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak remaja untuk ikut mengawasi aktivitas mereka. Selain itu, jika ada kejadian-kejadian segera dilaporkan ke kepolisian terdekat.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler