fbpx
Connect with us

Advertorial

Rayakan Milad ke-13, UPK PPM Satu Hati Playen Gelar Sunatan Massal

Diterbitkan

pada tanggal

Playen,(pidjar.com)–Milad ke 13 Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Pengelola Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Satu Hati Playen diwarnai dengan sejumlah kegiatan yang cukup menarik dan bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Playen. Selain kegiatan yang sifatnya untuk penguatan modal dan keterampilan bagi para anggota, manajemen UPK PPM Satu Hati Playen juga menggelar sejumlah kegiatan sosial. Salah satu kegiatan yang cukup menarik dan diminati oleh masyarakat adalah agenda sunatan massal untuk warga masyarakat Playen. Lembaga ini memberikan tiket gratis bagi puluhan anak-anak yang akan mengikuti sunatan masal.

Ketua Badan Pengurus Perkumpulan (BPP) PPM Satu Hati Kecamatan Playen, Pratiwi mengungkapkan setiap akhir tahun, pihaknya memang mengalokasikan anggaran untuk kegiatan sosial. Adapun anggaran ini adalah merupakan alokasi surplus UPK PPM Satu Hati Playen selama setahun terakhir.

Pratiwi memaparkan, pada musim liburan sekolah seperti sekarang ini, banyak orang tua yang memang berencana untuk menyunatkan putranya. Atas pertimbangan itulah kemudian pihaknya menggelar sunatan massal ini sehingga nantinya bisa meringankan beban masyarakat.

“Masyarakat tak perlu pusing-pusing memikirkan biaya untuk menyunatkan anaknya, semua ditanggung kami untuk yang memegang kupon tentu saja,” ucap Pratiwi, Senin (30/12/2019) siang.

Pada tahun 2019 ini, pihaknya mengalokasikan dana sosial sebesar Rp 260.100.000. Anggaran ini selain digunakan untuk membiayai ajang sunatan massal, juga dibagikan kepada 13 desa se Kecamatan Playen. Anggaran tersebut nantinya diejawantahkan dengan kegiatan sosial di masyarakat.

Berita Lainnya  Dipantau Juri Kelas Nasional, Lomba Burung Road To Borobudur Cup Dipastikan Sportif dalam Penilaian

Beberapa kegiatan yang diadakan oleh lembaga tersebut diantaranya pembuatan jamban sehat, penguatan modal usaha ekonomi produktif, bantuan lansia, bantuan difabel, dan peralatan usaha rumah tangga miskin. Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan mampu memotivasi dan membantu masyarakat di wilayah Playen.

“Bantuan sosial ini kami harapkan bisa meringankan beban masyarakat. P0ada prinsipnya kami (UPK) ingin memberikan yang terbaik dan mendorong warga untuk mandiri dan kreatif,” kata Pratiwi.

Manajer UPK PPM Satu Hati Kecamatan Playen, Agus Dany, SH dalam menambahkan, untuk kegiatan sunatan massal ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan bong supit H. Dulrahman. Pada event ini, ada 60 anak dari 13 desa di Kecamatan Playen yang turut serta dalam ajang ini. Adapun sunatan massal UPK PPM Satu Hati Playen pada tahun 2019 ini mengambil tema “Membentuk Generasi Tangguh dan Berakhlak Mulia”. Sembari menunggu giliran, kemarin para anak-anak tersebut juga diberikan arahan-arahan dan pemahaman mengenai menjadi generasi milenial yang kompeten.

“Untuk sunatan masal diselenggarakan 28 Desember kemarin sebagai puncak acara. 100% Gratis dengan fasilitas yg di dapat peserta sunat adalah uang saku, tas, peralatan sekolah, sarung, serta makan dan minum,” ujar Agus Dany.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Pemerintah Kecamatan Playen, Sunardi, S.Sos dalam kesempatan yang sama menyampaikan peran serta UPK PPM Satu Hati dalam pemberdayaan ekonomi dan kegiatan sosial di tingkat Kecamatan Playen selama ini sangat tepat dan cepat. Menurutnya, apa yang dilakukan manajemen sudah sangat baik dan membuat UPK PPM Satu Hati semakin maju. Tak hanya itu, selama ini institusi ini juga banyak sekali membantu masyarakat.

Berita Lainnya  Hujat Razia Polisi di Status WA, Remaja Harus Berurusan Dengan Hukum

“Kami cukup mengapresiasi kinerja teman-teman. Di tahun ini UPK PPM Satu Hati juga memberi hibah senso untuk Pemerintah Kecamatan Playen sebagai upaya untuk penanggulangan tanggap bencana,” ucap dia.

Perwakilan Kepala Desa se Kecamatan Playen, Suyanto, ST, menambahkan kegiatan UPK Playen sangat membantu masyarakat ekonomi lemah. Pemerintah desa sangat mendukung inovasi kegiatan UPK Playen yang berpihak pada masyarakat kecil. Terbukti dari beberapa kegiatan yang diselenggarakan, mampu membantu proses pemberdayaan maupun kegiatan lain yang dilakukan oleh pemerintah desa.

Misalnya pemberian modal, pemberian pelatihan merupakan salah satu kegiatan dari UPK berbasis pemberdayaan masyarakat untuk menuju mandiri, inofvatif dan kreatif.

“Dengan kerjasama yang apik, kita optimis bisa bersama memberdayakan masyarakat sehingga bisa sejahtera,” urainya.

Kepala DP3AKBPMD Kabupaten GK, Sudjoko, S.Sos, M.Si, sangat mengapresiasi kegiatan UPK PPM Satu Hati Kecamatan Playen yang sangat kreatif dan langsung menyasar masyarakat miskin. Lembaga yang berkiprah selama 13 tahun ini termasuk UPK yg paling sehat se-Kabupaten Gunungkidul, baik dalam kegiatan maupun pengelolaan keuangannya.

“Mudah-mudahan nantinya jauh lebih maju dan lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat khususnya mereka yang membutuhkan bantuan permodalan,”pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler