fbpx
Connect with us

Sosial

Sabet Gelar Juara Provinsi, Perpustakaan Balai Pintar Pengkol Wakili DIY Pada Lomba Tingkat Nasional

Published

on

Nglipar,(pidjar.com)–Di tengah pandemi seperti saat ini, kabar membanggakan datang dari dunia pustaka Gunungkidul. Perpustakaan Balai Pintar di Kalurahan Pengkol, Kapanewon Nglipar berhasil maju mewakili DIY dalam lomba tingkat nasional pada tahun 2020 ini. Perpustakaan Balai Pengkol Nglipar berhasil menyisihkan sejumlah perpustakaan lain dari berbagai Kabupaten atau Kota untuk merebut tiket lomba tingkat nasional. Pengelola pun mulai melakukan berbagai persiapan untuk proses penilaian.

Salah seorang pengelola Balai Pintar Pengkol, Dewi Rahayu mengungkapkan, perpustakaan Balai Pintar tersebut sudah dirintis sejak 2014 silam. Suka duka banyak ia dapat saat awal-awal pembukaan perpustakaan ini. Saat itu keberadaannya tak banyak diketahui warga. Sejumlah pengelola kemudian berjuang untuk memperkenalkan perpustakaan kepada warga, sekaligus juga menumbuhkan budaya literasi. Menurut Dewi, meskipun era internet begitu gencar, namun dengan segala keunggulannya, buku merupakan jembatan ilmu.

Berita Lainnya  Lansia Kurang Mampu Terima Bantuan, Polsek Playen Bagikan Puluhan Paket Sembako

“Seiring berjalannya waktu, Balai Pintar makin dikenal dan sebelumnya pernah menjuarai lomba serupa di tingkat kabupaten dan provinsi,” jelas Dewi, Kamis (02/07/2020).

Adapun lomba yang akan diikuti oleh Balai Pintar pada tahun ini adalah Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan. Dewi berusaha keras agar Balai Pintar bisa memenuhi kriteria penilaian lomba.

“Salah satu persyaratan dalam lomba tingkat nasional adalah perpustakaan wajib memiliki koleksi buku minimal 5 ribu judul,” kata Dewi.

Hal ini menurutnya cukup menjadi kendala. Pasalnya, saat ini koleksi buku di Balai Pintar belum mencapai jumlah minimal tersebut. Oleh karena itu pihaknya meminta masyarakat yang berkenan melakukan donasi buku untuk disalurkan kepada Balai Pintar.

Berita Lainnya  Lonjakan Jumlah Orang Dalam Pantauan Corona di Gunungkidul, Kini Capai 50 Orang

“Itu sebabnya saat ini kamu terbuka untuk menerima donasi buku dari pihak mana pun. Sejumlah donasi yang sudah ada datang dari instansi, komunitas, hingga perseorangan,” tuturnya.

Ia pun berharap persiapan yang dilakukan secara matang bisa berbuah manis dalam lomba tersebut. Selain berupaya memperbanyak koleksi buku. Pihaknya pun semakin memperkuat berbagai kegiatan yang ada di Balai Pintar dan melibatkan warga Pengkol.

“Tentunya lewat berbagai persiapan ini, kami berharap bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Sekaligus juga bias bermanfaat mengedukasi warga Pengkol,” tutup Dewi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler